Dark/Light Mode

Didorong Iwan Fals Jadi Capres

Gibran Tau Diri

Sabtu, 8 Januari 2022 08:51 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Pemkot Solo)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Pemkot Solo)

 Sebelumnya 
Guru besar Ilmu Politik Universitas Indonesia ini menilai, proses demokrasi yang berlaku di Tanah Air saat ini sudah banyak yang menyimpang. Jika ini dibiarkan, dampaknya bisa menghambat kemajuan.

Terbukti, indeks demokrasi Indonesia terus menurun. Seperti yang dirilis Economist Intelligence Unit (EIU). Dari skor 7,03 di 2015 turun ke 6,30 di 2020. Masuk dalam kategori tidak sempurna. Skor indeks demokrasi tahun 2020 itu juga yang terendah selama 14 tahun terakhir.

Baca juga : Pengamat: Vaksin Halal Harus Jadi Perhatian Pemerintah

"Di Pilkada misalnya, itu betul-betul malu kita ini. Jangankan itu (nyapres), Gibran mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo, Bobby mencalonkan di Medan saja sudah banyak yang omongin. Presiden membiarkan saja itu dan menganggapnya sebagai sebuah kewajaran," lanjutnya. 

Di Twitter, akun @gnwn_ds meyakini cuitan Iwan Fals soal Gibran untuk 2024 cuma guyon. "Padahal ini cuma guyon yah... Tapi, pasti ada yang nanggapin serius.. Sampai bilang dinasti politik," kicaunya. "Bakal banyak yang ngamuk Om.. ," timpal @wiradisuta. 

Baca juga : Beringin Cuma Mau Capresnya Airlangga

Sementara, akun @NotFound_1945 menduga, cuitan Iwan Fals punya maksud lain. Bukan persis seperti yang dicuitkan. "Satire yang bagus sih. Tapi jangan kebablasan juga kali laah Om @iwanfals..," responsnya. 

Akun @FRimson tidak setuju dengan Iwan Fals. Meskipun selama ini ia adalah pengagum Jokowi. Tapi, dia menganggap Gibran belum waktunya maju di 2024.

Baca juga : Gigi Hadid Liburan Tanpa Zayn

"Saya orang yang sangat kagum dengan Jokowi, saya menganggap Jokowi presiden yang hebat dengan terobosan-terobosan positif nya. Tapi, menurut saya Gibran belum waktunya di pilpres ini. Saya berharap Gibran siap di pilpres 2034 (tapi kalau dia melejit di 2029 juga oke sih)," nilainya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.