Dark/Light Mode

Kendalikan Kasus Covid, Prof. Tjandra Rekomendasikan 7 Cara Ini

Rabu, 12 Januari 2022 12:06 WIB
Prof. Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)
Prof. Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Keempat, karena masih 43 persen populasi dan 56 persen lansia belum divaksin memadai (2 kali), maka cakupannya harus terus ditingkatkan.

Baca juga : Prof. Tjandra Sarankan 3 Tempat Perawatan Pasien Omicron

"Pemberian booster tentu baik, dan dapat segera dimanfaatkan oleh mereka yang sudah mendapat kesempatan ini. Tetapi, secara makro, pemberian booster jangan sampai mengorbankan upaya pemberian vaksin 2 dosis yang mutlak amat diperlukan," jelas Prof. Tjandra.

Baca juga : Wabup Nonaktif OKU Terdakwa Kasus Korupsi Tanah Makam Meninggal Dunia

Kelima, kesiapan pelayanan kesehatan dari primer, sekunder dan tertier harus terus ditingkatkan. Keenam, harus ada upaya komunikasi risiko yang intensif. Agar protokol kesehatan dapat dilakukan lebih baik lagi. Ini bukan lagi new normal, tapi sudah menjadi now normal.

Baca juga : Awas, Kasus Corona Naik Lagi!

Ketujuh, data harus selalu updated. Ini dapat diupayakan antara lain dengan surveilans yang ketat. Sehingga, dinamika pengambilan keputusan publik dapat berdasar data real time, tepat dan cepat. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.