Dark/Light Mode

Kumpulin Para Jenderal

Prabowo Bagi-bagi Keris

Kamis, 13 Januari 2022 07:40 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto memberikan keris kepada mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) AM Hendropriyono di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (10/1/2021). (Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)
Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto memberikan keris kepada mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) AM Hendropriyono di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (10/1/2021). (Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)

 Sebelumnya 
Juru bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan, ada bagi-bagi keris dalam pertemuan itu. Bukan hanya ketiga jenderal yang datang. Widodo yang hadir secara virtual pun tetap mendapat cinderamata dari Prabowo.

Kata Dahnil, Prabowo memiliki kebiasaan memberi cinderamata kepada sejumlah tokoh, tamu-tamu Kemenhan dan militer dari luar negeri.

Baca juga : Temui Jenderal Sigit, Kepala BP2MI Apresiasi Kinerja Polri

Lantas, kenapa keris? Menurut Dahnil, keris adalah senjata khas dan tradisional Indonesia. Simbol senjata pertahanan yang digunakan para satria atau pendekar-pendekar pejuang Indonesia.

Apakah kedatangan para jenderal tersebut murni membahas pertahanan negara? Dahnil mengatakan, mereka diundang untuk didengar masukannya terkait dengan kondisi lingkungan strategis. “Serta pandangan beliau-beliau terkait strategi pertahanan Indonesia,” bebernya.

Baca juga : Rampung 2023, Bendungan Ameroro Perkuat Suplai Air Irigasi Di Kendari

Bukan hanya menghormati tamu. Dahnil menyebut, Prabowo selalu santun kepada semua pihak. “Salah satu akhlak yang saya pelajari dari Pak Prabowo adalah menghormati senior dan tokoh bangsa. Siapapun, baik yang sama atau berbeda sikap politiknya,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, sebagai Menhan, Prabowo punya hak sepenuhnya melakukan berbagai kajian terkait pertahanan. Terlebih, tamu undangan yang datang saat itu merupakan tokoh-tokoh militer.

Baca juga : Amerika Dan Eropa Diserang Omicron, Rupiah Babak Belur

“Pertemuan ini layak diapresiasi. Prabowo sebagai Menhan tetap membuka ruang dialog. Ini menunjukkan sikap terbuka yang diperlukan pejabat publik,” pungkas Dedi. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.