Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bareng YouTuber Kondang, Erick Thohir Santap Sayur Asem Betawi Dan Pecak Gurame

Sabtu, 15 Januari 2022 09:09 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) makan bareng YouTuber Nex Carlos/YouTube Nex Carlos
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) makan bareng YouTuber Nex Carlos/YouTube Nex Carlos

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir sering memanfaatkan waktu di sela aktivitas kerjanya keliling Indonesia untuk mencicipi ragam makanan Nusantara yang dikenal lezat dan legendaris. 

Tempat makan yang dikunjungi Erick pun biasanya bukan restoran megah dan berbintang. Tapi tempat kuliner rakyat yang dikenal memiliki kelezatan dan cita rasa yang khas di setiap daerah yang dia kunjungi. 

Ternyata, Erick doyan makan dan kulineran. Buktinya, banyak momen keseruannya berkuliner dia abadikan di akun medsos pribadinya

Sambil santap kuliner, Erick kerap berdialog dengan si pemilik atau pengelola rumah makan tersebut untuk sekadar berbagi rasa, dan tak jarang dia motivasi dan tips sukses berbisnis. 

Keseruan Erick Thohir santap kuliner kali ini terpotret dari unggahan video YouTuber kuliner terkenal, Nex Carlos

Berita Terkait : Erick Thohir Dipuji Jaksa Agung, Pakar Hukum: Itu Apresiasi Dalam Penegakan Hukum

Dalam video tersebut, Erick memilih menu favorit sayur asem Betawi dan pecak ikan gurame di warung makan dengan bangunan sederhana di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, tepat di kawasan Pertamina pada, Jumat (14/1) sore. 

Erick begitu menikmati sayur Asem Betawi dan pecak ikan gurame. Mantan Presiden klub Inter Milan ini memuji kelezatan makanan yang dihidangkan oleh pemilik warung. 

Bahkan, Erick mengaku baru pertama kali mencicipi pecak ikan gurame. Ternyata, kenikmatan aroma rempah-rempah yang khas pecah di lidah dan rasanya unik. 

“Saya rasa ikannya lah. Semuanya enak, tapi kalau unggulan ikan gurame pecak nih, dia unik,” kata Erick saat ditanya oleh Nex Carlos.

Menariknya, kedatangan Erick ke warung kecil itu tanpa ada pengawal atau protokol khusus. Erick terlihat santai, tanpa ada beban atau gengsi karena berstatus pejabat. Dengan baju kemeja lengan panjang berwarna coklat, Erick mengakui Indonesia merupakan negara terkaya di dunia, karena memiliki banyak jenis makanan yang tidak ada di negara lain. Tidak hanya makanan, budaya pun berbeda-beda.

Berita Terkait : Jaksa Agung Puji Erick Thohir Bantu Bongkar Korupsi Jiwasraya dan Asabri

“Semua makanan Indonesia mayoritas enak-enak. Dibandingkan negara lain, saya yakin Indonesia makanannya paling enak di dunia. Coba bandingkan Thailand, itu-itu aja, India juga begitu. Indonesia ada karinya, ada bakarnya, ada asemnya dan semua ada. Ini negara kaya bangat lah. Itulah kehebatan kita, suku bangsa kita luar biasa, makannya harus rukun,” tutur Erick.

Saat ditanya makanan favoritnya, bapak empat anak ini mengakui makanan kesukaannya adalah makanan Padang, Bali dan Makassar. Meski begitu, semua makanan yang ada di seluruh Nusantara ini sudah dinikmatinya, termasuk ayam pramugari di Aceh.

Diketahui, Warung Sayur Asem Betawi ini sudah beroperasi lima tahun terakhir, dan berdiri di lahan milik Pertamina dan berada tepat di samping kolam pemancing ikan. 

Usai menikmati sayur Asem Betawi dan ikan gurame pecak, Erick menyempatkan diri untuk ngobrol bersama pemilik warung dan anak perempuannya bernama Wulan yang masih menempuh studi di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). 

Menurut pemilik warung, saat ini dirinya sedikit kesusahan membayar uang kuliah anaknya, karena pandemi Covid-19.

Berita Terkait : Terharu, Erick Thohir Peluk ODHA Yang Mendapat Dukungan PLN

Setelah mendengar itu, Erick langsung tergerak hatinya membantu anak pemilik warung agar tetap melanjutkan kuliahnya hingga selesai. 

Karena buat Erick, masa depan anak muda Indonesia harus diperhatikan, karena mereka adalah generasi penerus yang akan membawa bangsa ini lebih maju ke depan. 

“BUMN sekarang lagi fokus bantu pendidikan, kan generasi muda itu masa depan kita. Ini sekarang anak muda banyak jumlahnya. Masa depan bangsa kita kan tergantung anak muda,” jelas Erick.

“Harus terusin kuliah ya, jangan berhenti, karena pelayanan masyarakat sangat dibutuhkan sekarang. Bismillah yang penting kerja keras, rajin, rezeki nggak tahu datang dari mana,” tutup Erick. [REN]