Dark/Light Mode

Datangi Langsung Korban Kebakaran

Erick Thohir Dapat Gelar Dulur Baduy

Kamis, 21 Oktober 2021 07:50 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dipakein ikat kepala saat prosesi pemberian gelar Dulur Baduy, di Saung Adat Baduy yang berlangsung di Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, Rabu (20/10/2021). (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir dipakein ikat kepala saat prosesi pemberian gelar Dulur Baduy, di Saung Adat Baduy yang berlangsung di Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, Rabu (20/10/2021). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemarin, menjadi hari yang istimewa buat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Dia mendapatkan gelar adat Dulur Baduy dari masyarakat Baduy. Erick menjadi orang luar pertama yang dapat gelar itu.

Prosesi penyematan gelar Dulur Baduy ke Erick itu, dilakukan di Saung Adat Baduy yang berlangsung di Kampung Cipak Huni, Desa Kanekes, Banten, kemarin siang.

Baca juga : Erick Thohir Dianugerahi Gelar Adat Dulur Baduy

Erick didamping tiga jaro adat dari Baduy Dalam yang secara khusus hadir menyaksikan panganugerahan tersebut. Upacara adat itu juga disaksikan secara langsung oleh ratusan warga Baduy Luar dan Dalam.

Pada acara penyematan gelar, Erick disematkan baju adat Baduy yang didominasi warna hitam serta lomar atau ikat kepala khas baduy yang didominasi warna biru.

Baca juga : Ancaman Erick Thohir Nggak Kaleng-kaleng

Saat prosesi adat dilakukan, Angklung Buhun yang biasanya digunakan hanya setahun sekali, dibunyikan mengiringi upacara adat. Angklung Buhun hanya dimainkan dalam peristiwa yang dipandang sakral oleh masyarakat Baduy. Upacara adat diakhiri dengan persembahan hasil bumi yang diproduksi masyarakat Baduy yang diwakili tokoh suku Baduy, Ayah Mursyid kepada Erick.

Ketua Adat Baduy, Jaro Saija mengatakan, pemberian adat gelar Dulur Baduy kepada Erick berangkat dari ungkapan terima kasih tertinggi karena Menteri BUMN itu, menyempatkan langsung menemui korban kebakaran kampung Baduy.

Baca juga : Eks Bupati Kukar Rita Widyasari Jadi Saksi

“Penyematan ini dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Pak Menteri karena telah mengunjungi titik paling selatan di Baduy,” kata Jaro Saija.

Tokoh suku Baduy, Ayah Mursyid menjelaskan, prosesi gelar adat Dulur Baduy kepada Erick merupakan orang luar pertama yang diberi gelar Dulur Baduy. Proses disematkan Dulur Baduy ke Erick juga tidak sekonyong-konyong terjadi, melainkan melalui proses yang panjang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.