Dark/Light Mode

Tetapkan DPO Dan DMO

Lutfi Gerak Cepat Tekan Harga Migor

Jumat, 28 Januari 2022 08:13 WIB
Menteri  Perdagangan M Lutfi dalam Konferensi Pers Kebijakan Mengenai Minyak Goreng. (Foto: Tangkapan layar Youtube Kementerian Perdagangan).
Menteri Perdagangan M Lutfi dalam Konferensi Pers Kebijakan Mengenai Minyak Goreng. (Foto: Tangkapan layar Youtube Kementerian Perdagangan).

 Sebelumnya 
"Selama masa transisi, dari mulai hari ini hingga 1 Februari 2022, kebijakan minyak goreng satu harga Rp 14 ribu per liter tetap berlaku dengan mempertimbangkan waktu kepada produsen dan pedagang melakukan penyesuaian,” ucapnya.

Lutfi juga menginstruksikan kepada produsen untuk segera mempercepat penyaluran migor dan memastikan tidak terjadi kekosongan stok di tingkat pedagang dan pengecer.

Baca juga : Puan Rajin Pelototin Harga Minyak Goreng

Kepada masyarakat, Lutfi mengimbau tetap bijak dan tidak melakukan panic buying. Pihaknya menjamin stok migor tetap tersedia dengan harga terjangkau.

Terakhir, ia mengingatkan bahwa pemerintah akan mengambil langkah-langkah hukum yang sangat tegas kepada pelaku usaha yang tidak patuh atau mencoba melanggar ketentuan ini. Dia berharap, dengan kebijakan ini, harga migor menjadi lebih stabil dan terjangkau untuk masyarakat, serta tetap menguntungkan para pedagang, distributor, hingga produsen.

Baca juga : Waspada, Omicron Ngamuk Di Ibu Kota

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan menjelaskan, kebijakan DPO dan DMO ini berpotensi berdampak pada kenaikan harga CPO internasional. Namun, pemerintah tetap mengutamakan kepentingan rakyat. “Seperti arahan Presiden, ini utamakan rakyat,” kata Oke, di acara yang sama.

Dia memandang, bahan baku migor di dalam negeri perlu dipastikan stabil. Dengan begitu, harga migor dalam negeri tidak akan terganggu lagi, meski CPO internasional kembali naik.

Baca juga : Dekatkan Dengan Konsumen, Dice Sticker Buka Cabang Pertama

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana menambahkan, dengan kebijakan DPO, kebutuhan 5,7 juta kilo liter dalam negeri dipastikan aman. Kemendag sudah berbincang dengan produsen migor dan mendapat dukungan terkait kebijakan tersebut. “Responsnya mendukung semua kebijakan pemerintah untuk kepentingan rakyat Indonesia,” pungkasnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.