Dark/Light Mode

Dipastikan Menkes, Air Kemasan Galon Polikarbonat Aman Dikonsumsi

Jumat, 28 Januari 2022 17:33 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Ist)
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Menurutnya, banyak pihak yang melihat dari sisi BPA-nya saja, yang disebutkan berbahaya bagi kesehatan. Tapi, mereka tak memahami bahan bentukannya yaitu polikarbonatnya, yang aman jika digunakan untuk kemasan pangan. 

Baca juga : Kenaikan Cukai Rokok Kacaukan Pemulihan Ekonomi

Zainal menyebut, BPA memang ada dalam proses pembuatan plastik PC. Dia mengibaratkannya seperti NaCl (Natrium Chlorida) alias garam. Bahan pembentuk garam, adalah Klor. Tapi, yang digunakan adalah NaCl yang tidak berbahaya jika dikonsumsi.

Baca juga : Menggeser Keyakinan Politik

"Jadi dalam memahami ini, masyarakat harus pandai mengerti agar tidak dibelokkan oleh informasi yang bisa menyesatkan dan merugikan," tutur Zainal.

Baca juga : Dosen Mercu Buana, Tingkatkan Kemampuan Guru di Wilayah Jakarta Barat Secara Digital

Dia berharap, berita-berita terkait BPA galon guna ulang harus dijelaskan secara ilmiah dan jangan dibuat menjadi polemik menurut ilustrasi masing-masing yang bisa menyesatkan. "Jadi, harus dengan data ilmiah sehingga masyarakat kita akan memahami dan bisa mengambil keputusan sendiri," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.