Dark/Light Mode

Omicron Merebak

Ganjar: Imlek Nggak Usah Dirayakan Rame Dulu

Jumat, 28 Januari 2022 21:01 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau warganya tidak perayaan Imlek 2022 yang mengundang keramaian. Perayaan Imlek diperbolehkan dengan jumlah peserta yang terbatas dan bisa dikontrol.

“(Imlek) nggak usah dirayakan ramai-ramai dulu,” imbay Ganjar, seusai acara di Kantor Bank Jateng, Jalan Pemuda, Semarang, Jumat (28/1), seperti dimuat dalam jatengprov.go.id.

Baca juga : Omicron Meluas, Ganjar Kembali Aktifkan Jogo Tonggo

Dengan kasus Covid-19 varian Omicron yang sedang mewabah, Ganjar meminta seluruh komponen masyarakat menahan diri. Dia sudah menerima laporan dari pengelola Sam Poo Kong, yang menyatakan tidak akan membuat perayaan besar.

“Kemarin saya sudah (dapat) laporan di Sam Poo Kong, tidak akan membuat perayaan besar. Hanya perayaan tertutup di antara mereka yang mengelola,” kata Ganjar.

Baca juga : Berikan Keringanan Izin Usaha, PUPR Manjakan Gapensi

Mantan anggota Komisi II DPR itu berharap, perayaan secara terbatas bisa ditiru masyarakat lain. Imbauan tidak menggelar kegiatan keramaian juga berlaku untuk tempat wisata. 

“Mudah-mudahan nanti bisa ditiru. Tempat wisata juga,” tandas Ganjar.

Baca juga : Membaik, Baby Alien Bisa Ngegas Di Mandalika

Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek 2022 jatuh pada Selasa (1/2). Pemerintah melalui ketetapan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri mengenai penetapan hari libur nasional dan cuti bersama kekinian menyatakan, memang perlu menyesuaikan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Di Kota Semarang, perayaan Imlek pada 2022 juga dilakukan sederhana. Pemkot Semarang mengumumkan tidak ada pelaksanaan Pasar Imlek Semawis. Semarak Imlek di Kota Semarang diganti dengan pemasangan patung shio macan dan seribu lampion oleh Perserikatan Organisasi Tionghoa Indonesia (Por Inti) di Jalan Gambiran. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.