Dark/Light Mode

Vaksinasi Lansia Harus Dikebut

Siap-siap, Lima Daerah Bakal Digempur Omicron

Minggu, 30 Januari 2022 07:45 WIB
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau Boster kepada Lansia di Sentra Vaksinasi RSUI Depok, Jawa Barat. (Foto: Rizki Syahputra/RM.id)
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau Boster kepada Lansia di Sentra Vaksinasi RSUI Depok, Jawa Barat. (Foto: Rizki Syahputra/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok lanjut usia (lansia) sangat perlu mendapatkan vaksinasi Covid-19. Terutama, di wilayah Jawa Barat (Jabar), Banten, Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim) dan Yogyakarta.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperkirakan setelah Provinsi DKI Jakarta, varian Omicron bakal merembet ke lima wilayah tersebut. Sementara capaian vaksinasi lansia, masih rendah.

“Kami sudah menampilkan data rutin dan juga sudah meeting dengan para gubernur, dan kami minta para kepala daerah, bupati wali kota dan gubernur segera (percepat) vaksinasi se­mua masyarakat lansia,” pinta Budi dalam keterangan pers, kemarin.

Baca juga : Distribusi Bansos Harus Dipercepat Dan Diperbanyak

Mantan Direktur Utama PT Inalum (Persero) ini terus mengingatkan, vaksinasi bagi para lansia ini sangat penting di tengah cepatnya penularan Omicron.

“Ini untuk melindungi lansia. Saya minta tolong agar daerah-daerah yang masih rendah vaksinasinya segera dipercepat,” tegasnya.

Sejak awal, Pemerintah sudah memprediksi, Jakarta akan menjadi pusat persebaran Omicron tertinggi.

Baca juga : Gerak Omicron Kita Persempit

Jakarta merupakan medan perang yang pertama. Karena Jakarta adalah provinsi yang paling siap, Pemerintah bisa menguji berbagai strategi yang sudah disiapkan.

“Pengamatan kami tentang persebaran Omicron dilihat polanya, dari Jakarta akan geser ke Jawa Barat, Banten, kemudian ke Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, dan Jogja. Kira-kira seperti itu kalau kita lihat dari genome sequencing-nya,” tuturnya.

Budi bersyukur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah lebih sigap menghadapi lonjakan Covid-19. Kesigapan itu bisa dilihat dari capaian vaksinasi Covid-19 yang sudah melebihi ekspektasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.