Dark/Light Mode

Vaksinasi Lansia Harus Dikebut

Siap-siap, Lima Daerah Bakal Digempur Omicron

Minggu, 30 Januari 2022 07:45 WIB
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau Boster kepada Lansia di Sentra Vaksinasi RSUI Depok, Jawa Barat. (Foto: Rizki Syahputra/RM.id)
Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau Boster kepada Lansia di Sentra Vaksinasi RSUI Depok, Jawa Barat. (Foto: Rizki Syahputra/RM.id)

 Sebelumnya 
“Kita beruntung untuk Jakarta karena vaksinasi untuk lansianya relatif tinggi. Saya berharap daerah-daerah lain yang masih rendah dipercepat,” kata Budi.

Vaksinasi terhadap seluruh masyarakat Indonesia memang bukan tugas ringan. Tidak cukup dibebankan kepada para tenaga kesehatan (nakes) saja. Terutama, di wilayah pelosok yang capaiannya masih sangat rendah.

Karena itu, Kemenkes juga berkoordinasi dengan kepolisian membantu percepatan vaksinasi Covid-19.

Baca juga : Distribusi Bansos Harus Dipercepat Dan Diperbanyak

“Saya terus menjaga komunikasi dengan Kapolri yang banyak membantu vaksinasi di daerah-daerah terpencil ini,” ungkapnya.

Selain dengan kepolisian, Kemenkes juga dibantu pasukan TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19.

“Kami bersama Panglima TNI dan kepala BIN agar memfokuskan vaksinasi ke lansia. Karena ini juga yang diarahkan Bapak Presiden. Bagaimana kita bisa melindungi masyarakat lansia ini yang sangat rentan,” terangnya.

Baca juga : Gerak Omicron Kita Persempit

BIN sudah merespons dengan sigap harapan Kemenkes. Di berbagai daerah, BIN menggelar program vaksinasi Covid-19 termasuk untuk lansia yang terus digencarkan.

Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan, kegiatan tersebut sesuai dengan program percepatan vaksinasi Pemerintah. Terlebih, dengan menyebarnya varian Omicron.

“Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, BIN juga melaksanakan vaksinasi dengan cara jemput bola atau door to door. Kami juga menggencarkan vaksin booster, apalagi varian Omicron sudah terkonfirmasi masuk,” ujar Budi Gunawan. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.