Dark/Light Mode

Kawal Harga Minyak Goreng, Wamendag Terjun Langsung Ke Pasar

Selasa, 1 Februari 2022 18:03 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau pasar murah di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah. (Foto: Ist)
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau pasar murah di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga turun langsung mengawal harga minyak goreng yang diluncurkan Kementerian Perdagangan.

Jerry mengajak Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) menggelar pasar murah di Pasar Raya I Salatiga, Jawa Tengah. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, juga turut hadir.

Kegiatan ini dilakukan dengan penjualan minyak goreng dengan harga Rp 14.000 sebanyak 1.420 liter. Bersama dengan itu, dijual juga paket sembako murah.

Baca juga : Soal Minyak Goreng, Gerindra Apresiasi Kebijakan Kemendag

Jerry menjelaskan, pasar murah kali ini bertujuan untuk mendorong sinergi semua stakeholder dalam kebijakan soal minyak goreng.

"Intinya adalah dorongan agar setiap stakeholder bersinergi dan berkolaborasi sehingga seluruh masyarakat diuntungkan," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (1/2).

Beberapa pihak yang didorong dalam kegiatan ini antara lain distributor, peritel dan masyarakat sendiri. Untuk distributor dan peritel diharapkan bisa mematuhi dan mendukung sepenuhnga suplai minyak goreng dengan kualifikasi dan harga yang dimaksud. Wamendag mengapresiasi jaringan Aprindo dan jaringan distributor pasar rakyat.

Baca juga : PKN Ngaku Ngos-ngosan Jalani Verifikasi Ke KPU

"Dukungan Aprindo sangat luar biasa. Mereka menggerakkan seluruh anggota dan seluruh resource untuk mendukung Pemerintah. Saya berterima kasih kepada anggota Aprindo, khususnya yang terlibat dalam acara kali ini yaitu Alfamart, Indomart, ADA Toserba, Superindo, Hypermart, dan lain-lain," tutur Jerry.

Kepada distributor pasar rakyat, Jerry juga memberikan apresiasi. Menurutnya, peran mereka penting karena jangkauan pemasaran mereka menjangkau hingga desa-desa dan seluruh wilayah Indonesia.

Sementara bagi masyarakat, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan edukasi agar berbelanja dan membeli minyak goreng dengan bijaksana.

Baca juga : Gus Halim: Minyak Goreng Satu Harga Penting, Demi Wujudkan Desa Tanpa Kemiskinan Dan Kelaparan

"Tidak perlu borong semua, tidak perlu panic buying. Pemerintah menjamin ketersediaan minyak goreng. Jadi saya berharap fenomena habisnya minyak goreng di berbagai toko peritel tidak terjadi lagi," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.