Dark/Light Mode

PVMBG: Gempa Banten Tak Ada Kaitannya Dengan Erupsi Anak Krakatau

Jumat, 4 Februari 2022 18:58 WIB
Gunung Anak Krakatau. (Foto: Ist)
Gunung Anak Krakatau. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto menyebut, gempa yang terjadi di Banteng tak berkaitan dengan erupsi yang terjadi pada Gunung Anak Krakatau.

"Kalau antara erupsi Gunung Anak Krakatau pukul 17.07 WIB tidak ada korelasinya dengan kejadian gempa tektonik pukul 17.10 WIB," ujar Kristianto, dalam keterangannya, Jumat (4/2).

Baca juga : Patung Kobe Bryant Dan Putrinya Dipasang Di Lokasi Kecelakaan

Dia juga menyebut, erupsi yang terjadi pada Gunung Anak Krakatau sejauh ini tak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun dia tetap meminta masyarakat terus waspada."Kalau dari erupsi masih belum berpotensi dalam membangkitkan tsunami," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi magnitudo 5,5 yang mengguncang Banten terjadi hampir bersamaan dengan erupsi Gunung Anak Krakatau.

Baca juga : Kemensos Bantu Anak Yatim Terdampak Erupsi Semeru

Erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi sekitar pukul 17.07 WIB, dengan ketinggian kolom abu mencapai 1.000 meter dari puncak.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal, mengarah ke Timur. Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimal 50 mm dan durasinya sekitar 2 menit 49 detik.

Baca juga : Tangkal Radikalisme Dengan Kuatkan Kearifan Lokal

Sementara gempa bumi magnitudo 5,5 terjadi sekitar pukul 17.10 WIB. Lokasinya di 7.48 Lintang Selatan (LS), 105.92 Bujur Timur (BT), di kedalaman 10 km.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.