Dark/Light Mode

Tutup Misi Satgas Perdamaian Dunia

Kapolri: Jadilah Inspirasi Agar Polri Dicintai Masyarakat

Selasa, 8 Februari 2022 17:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara penutupan Satgas Polri pada misi pemeliharaan perdamaian PBB di UNAMID dan penganugerahan Satyalancana Bhakti Buana kepada Satgas Garbha II FPU 12 UNAMID di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa (8/2). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara penutupan Satgas Polri pada misi pemeliharaan perdamaian PBB di UNAMID dan penganugerahan Satyalancana Bhakti Buana kepada Satgas Garbha II FPU 12 UNAMID di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa (8/2). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara penutupan Satgas Polri pada misi pemeliharaan perdamaian PBB di UNAMID dan penganugerahan Satyalancana Bhakti Buana kepada Satgas Garbha II FPU 12 UNAMID, di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Selasa (8/2).

Dalam pengarahannya, Sigit berharap, personel Satgas UNAMID yang telah selesai melaksanakan tugas untuk selalu mengembangkan profesionalitas, membagikan ilmu pengetahuan, dan mengimplementasikan pengalaman yang diperoleh. Hal ini dinilai penting untuk menghadapi tugas kepolisian yang semakin kompleks .

"Jadilah inspirasi dan teladan bagi para personel lainnya dalam mewujudkan Polri yang modern, Polri yang berwawasan luas, dan Polri yang semakin diharapkan dan dicintai masyarakat," pesan Sigit.

Baca juga : Bicara Santai Brantas Abipraya, Wadah Aspirasi dan Mencari Pemimpin Muda

Kapolri menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran Satgas FPU dan IPO UNAMID yang telah berkontribusi dalam pemeliharaan kedamaian dan ketertiban dunia sejak tahun 2008 hingga berakhirnya masa tugas pada saat ini.

Selama berkiprah menjadi pasukan perdamaian dunia, berbagai macam penghargaan dan prestasi telah diraih. Di antaranya, dari UNHCR, Kepala Pemerintahan Sudan, Kepala Kepolisian Sudan, Kepala Operasi Uni-Afrika, dan Police Commissioner UNAMID.

Menurut mantan Kapolda Banten, semua prestasi tersebut diraih atas kerja keras, dedikasi, dan loyalitas seluruh personel Satgas UNAMID dalam menjaga keamanan dan perdamaian di wilayah Darfur, Sudan. Prestasi ini telah menorehkan tinta emas dalam sejarah perjalanan Polri dan Indonesia di kancah internasional. 

Baca juga : Kepala Perpusnas Dorong Daerah Tingkatkan Literasi Masyarakat

"Tentunya saya berharap duta-duta Indonesia di seluruh penjuru dunia yang saat ini tengah menjalankan tugas, dapat senantiasa terus menorehkan kebanggaan dan kehormatan bangsa Indonesia di mata dunia," harap eks Kabareskrim Polri itu.

Sigit juga mengingatkan, torehan prestasi personel Polri di kancah Internasional, sesuai dengan semangat transformasi menuju Polri yang Presisi.

"Tepatnya pada kebijakan transformasi operasional Program kelima dan kegiatan ke-22 yaitu pengembangan kerja sama Internasional melalui peran Polri dalam misi perdamaian, misi kemanusian internasional, dan misi internasional lainnya," terang Sigit.

Baca juga : Mantan Wali Kota Pekanbaru Herman Abdullah Dilarikan Ke RS, Wasekjen PAN Minta Doa Masyarakat Riau

Dia juga menjelaskan, misi pemeliharaan perdamaian PBB, merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan diplomasi dan kerja sama Internasional Polri yang memiliki nilai strategis sebagai wujud kontribusi Bangsa Indonesia dalam melaksanakan ketertiban dunia, sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

Komitmen itu, terwujud selama 32 tahun Polri berkiprah dalam misi perdamaian dalam 18 misi PBB. Setidaknya, Korps Bhayangkara sudah mengerahkan 2.975 personel untuk dijadikan Peacekeeper atau pasukan penjaga perdamaian.

"Jumlah personel Polri ini menempatkan posisi Indonesia di posisi ke-10 sebagai negara terbanyak yang mengirimkan personel dalam Troops/Police Contributing Countries (TPCCS)," tutur Sigit, bangga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.