Dark/Light Mode

3 Menteri Bakal Gelar TIIWG G20 Di Labuan Bajo

Lutfi, Bahlil Dan Agus Dorong Pemulihan Ekonomi Global

Rabu, 9 Februari 2022 08:53 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (tengah) bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (kiri) dalam acara Inaugurasi G20 TIIWG yang dipandu Andini Effendi secara hibrida di Jakarta, kemarin.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (tengah) bersama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (kiri) dalam acara Inaugurasi G20 TIIWG yang dipandu Andini Effendi secara hibrida di Jakarta, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia tidak menyia-nyiakan kesempatan selaku pemegang Presidensi G20. Untuk itu, tiga menteri bersinergi menggelar Trade, Investment and Industry Working Group (TIIWG). Konferensi tingkat menteri ini dijadwalkan berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada September 2022.

Ketiga menteri itu, yakni Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tak tanggung-tanggung, misi yang diusung adalah pemulihan ekonomi dunia melalui peningkatan peran perdagangan, investasi dan industri.

Baca juga : Gelar TIIWG G20, Lutfi-Bahlil-Agus Sinergi Pulihkan Ekonomi Global

Penyelenggaraan Pertemuan G20 TIIWG yang akan dipimpin Kementerian Perdagangan (Kemendag) tersebut mengusung tema Aligning Trade, Investment, and Industry Agenda with Sustainable Development Goals (SDGs).

Lutfi mengatakan, Kemendag mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia dan berharap acara ini menjadi katalis pemulihan ekonomi global dengan mengedepankan kemitraan dan inklusivitas.

“Termasuk memberikan dampak nyata bagi masyarakat global dan nasional,” kata Lutfi dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Pengusaha Khawatir Pelaksanaan Pemilu 2024 Ganggu Pemulihan Ekonomi

Untuk itu, lanjut dia, Kemendag bersama Kementerian Investasi/BKPM dan Kemenperin, siap menjadi tuan rumah dan memimpin pertemuan G20 TIIWG.

Pertemuan itu membahas upaya dan kebijakan setiap negara dalam mendesain kebijakan perdagangan agar pulih kembali dan relevan dengan konteks kekinian, inklusif, people-centered, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Lutfi yang juga Penanggung Jawab Penyelenggaraan Side Events G20 tahun 2022 ini menerangkan, pertemuan nanti mengangkat enam isu prioritas.

Baca juga : Menag Yaqut Resmikan Gedung Layanan Haji, Madrasah, Dan KUA Di Kaltim

Yaitu, WTO Reform; the Role of Multilateral Trading System to Strengthen the Achievement of Sustainable Development Goals; Trade, Investment and Industry Response to the Pandemic and Global Health Architecture.

Selain itu, isu Digital Trade and Sustainable Global Value Chains; Spurring Sustainable Investment for Global Economic Recovery; dan Inclusive and Sustainable Industrialization via Industry 4.0.

“Pembahasan isu-isu tersebut diharapkan memberikan hasil konkret melalui kesepakatan tingkat menteri. Tentunya sejalan dengan tiga deliverables utama Presidensi G20 Indonesia, yaitu Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Ekonomi Digital dan Transisi Energi,” jelas Lutfi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.