Dark/Light Mode

Kalau Nggak Pake Masker

Pasien Omicron Yang Bersin Sebar Virus Sampai 6 Meter

Kamis, 10 Februari 2022 07:50 WIB
Ilustrasi, gejala yang ditimbulkan Covid-19 varian Omicron lebih ringan, masyarakat tetap harus waspada. (Foto: Antara/Raisan Al Farisi)
Ilustrasi, gejala yang ditimbulkan Covid-19 varian Omicron lebih ringan, masyarakat tetap harus waspada. (Foto: Antara/Raisan Al Farisi)

 Sebelumnya 
Penerapan prokes, juga harus konsisten. Dalam beberapa momen, orang kerap mengendorkannya. Misalnya, saat makan bersama, yang disertai ngobrol. Padahal, pada momen itu, kemungkinan virus masuk ke tubuh sangat besar.

“Kita kadang khilaf dan lalai. Maka di dalam diri diperlukan pertahanan yang dibentuk oleh vaksin. Makanya yang belum vaksinasi, perlu melakukannya,” ajak Sonny.

Baca juga : OMDC Bogor Sediakan Fasilitas Antigen Murah

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mendukung upaya Satgas Covid-19 terus mensosialisasikan pentingnya prokes 3M.

Selain menjaga jarak, publik jangan anggap sepele mencuci tangan. Soalnya, varian Omicron ini dapat bertahan lebih lama pada sebuah sebuah lingkungan dan dapat menular lebih cepat dibandingkan dengan varian Delta.

Baca juga : Kasus Di Jabodetabek Menuju Lampu Merah

“Untuk transmisi yang sering muncul mekanisme penularannya selain udara ada fomite transmission. Ini menjadi kerap terjadi pada varian Omicron,” kata Dicky. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.