Dark/Light Mode

Erick Thohir Dorong Reog Ponorogo Ke UNESCO, Pemerhati Wisata: Langkah Jitu

Jumat, 11 Februari 2022 13:18 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir/ Ist
Menteri BUMN Erick Thohir/ Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerhati pariwisata nasional, Taufan Rahmadi, mengapresiasi langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang siap mengangkat kesenian Reog Ponorogo agar diakui dunia melalui UNESCO. Menurut Taufan, langkah Erick merupakan satu langkah yang jitu. 

"Apa yang dilakukan Bang Erick Thohir mendorong Reog Ponorogo ke UNESCO itu untuk menjaga kelestarian atraksi budaya Nusantara ini. Agar otentikasinya, originalitasnya, copyright-nya, history-nya benar-benar utuh dan dilindungi serta diakui dunia," kata Taufan saat dihubungi, Jumat (11/2). 

Menurut pria yang pernah menjadi Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenparini, UNESCO adalah lembaga yang berada di bawah PBB. Karena itu, apabila langkah Erick bisa terwujud, maka ini bentuk eksistensi, pengakuan dari internasional terhadap Reog Ponorogo.

“Jika langkah Bang Erick Thohir terwujud, ini menjadi pengakuan internasional terkait salah satu atraksi budaya yang terkenal di Indonesia," ujar Taufan. 

Baca juga : Erick Thohir Terima Penghargaan Penggerak Ekonomi Syariah Dari MUI

Penulis buku 'Protokol Destinasi' ini menyebut, apa yang dilakukan Erick Thohir tidak cukup hanya diapresiasi, tapi juga didukung. 

"Inilah yang seharusnya dilakukan. Jadi cepat dan sigap," ungkapnya.

Kita tahu, dunia sekarang adalah dunia klaim mengklaim. Nah, hal seperti itu nggak boleh terjadi. 

“Dengan adanya langkah Bang Erick Thohir seperti itu, maka Reog Ponorogo ini bisa jelas, KTP dan identitasnya jelas," tegas Taufan.

Baca juga : Digempur Fitnah, Erick Thohir Dinilai Tetap Berhasil Jalankan Tugas

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir berkunjung ke Kabupaten Ponorogo, beberapa waktu lalu. 

Di sana, Erick mendapatkan sambutan meriah dan disuguhi Pagelaran Seni Budaya Reog Punya Indonesia di Monumen Bantarangin, Kecamatan Kauman. 

Selain sambutan meriah, Erick juga ditawari naik ke kepala Dadak Merak Reog Bantarangin. 

“Kita melihat bagaimana potensi wisata di Ponorogo, dan kita akan bangun bersama-sama,” kata Erick di Ponorogo. 

Baca juga : Vaksin Gotong Royong Tidak Pake APBN, Juga Bukan Vaksin Hibah Ya!

Erick menilai, Reog Ponorogo bisa menjadi nilai budaya yang jadi pesona. Bantarangin juga sudah mempunyai kelompok Reog yang mendunia. 

Tak hanya itu, Erick juga menyatakan siap memfasilitasi Reog menjadi warisan budaya yang diakui dunia melalui UNESCO. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.