Dark/Light Mode

Guru Besar Universitas Pancasila: Pemindahan IKN Ikhtiar Wujudkan 4 Janji Proklamasi

Sabtu, 12 Februari 2022 20:17 WIB
Acara diskusi bertajuk Ibu Kota Baru Nusantara Adalah Indonesia, yang diselenggarakan Jakarta Journalist Center, Sabtu (12/2). (Foto: Zoom)
Acara diskusi bertajuk Ibu Kota Baru Nusantara Adalah Indonesia, yang diselenggarakan Jakarta Journalist Center, Sabtu (12/2). (Foto: Zoom)

 Sebelumnya 
Dia juga mengingatkan, upaya pemindahan IKN tak hanya sebatas memindahkan Istana Negara. Namun, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Di antaranya, permukiman penduduk, pelayanan publik, rencana pengembangan kawasan, dan sejumlah hal lainnya.

Baca juga : KSP: Pemindahan IKN Kuatkan Komitmen Toleransi Di Indonesia

"Banyak aspek. Tentu kebutuhan dari semua orang di IKN harus terpenuhi. Mereka bekerja atau pindah memberi kontribusi atau nilai tambah," ujar Hetifah.

Baca juga : KSP: Pemindahan IKN Wujud Keseriusan Indonesia Hadapi Pemanasan Global

Dia berharap, dengan pemindahan IKN, ada peningkatan pendapatan dan penurunan kesenjangan. Tidak hanya di wilayah IKN dan Kalimantan, tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Belasan Pemain Persib Positif Covid-19, Ridwan Kamil Ingatkan Pentingnya Prokes

"Bagaimana dampak ekonomi dari pemindahan ibu kota. Kepada bukan hanya daerah itu sendiri, tetapi untuk semua kegiatan ekonomi di Indonesia," tandasnya. [BYU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.