Dark/Light Mode

Bisa Nularin Virus

Orang Tanpa Gejala Jangan Keluyuran, Lebih Baik Isoman

Minggu, 13 Februari 2022 08:00 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito.
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito.

 Sebelumnya 
“Yang lebih berbahaya itu orang yang sehat, tapi berkeliaran dan ternyata positif Covid-19 tanpa gejala apapun. Gak sadar sudah menyebarkan virus,” kata @syuhadol menimpali.

Akun @rasaha12 mengimbau masyarakat memperketat prokes. Dia mengingatkan bahwa OTG bisa menularkan virus Corona. Kata @Malikha, OTG bisa menularkan virus Corona tanpa disadari.

“Karenanya, selalu jaga jarak lebih dari 1-2 meter dengan siapapun di luar rumah,” ujarnya.

Baca juga : Capres Luar Jawa Jangan Kalah Cepat

Akun @Pejuangindo1 menilai kasus Covid-19 di Indonesia meningkat tajam karena banyak pasien OTG. Padahal, kata dia, OTG dapat menularkan virus kepada orang lain. OTG menjadi super spreader.

“Lebih baik semua orang berpikiran seolah-olah mereka OTG yang bisa jadi super spreader, sehingga membatasi ruang gerak diri sendiri dan tidak jalan-jalan ke luar rumah,” sambung @ries45.

Menurut @Ndukla2, ada empat tingkatan gejala Covid-19. Pertama, tanpa gejala. Tidak ditemukan adanya gejala klinis pada orang positif Covid-19. Kedua, gejala ringan. Ada gejala namun tanpa sesak napas atau penurunan saturasi oksigen.

Baca juga : Dipasangkan Dengan Siapa Saja, Anies Berpeluang Menang

Ketiga, lanjut @Ndukla2, gejala sedang. Yaitu yang bergejala disertai sesak napas dan napas cepat, namun saturasi oksigennya masih berada diatas 93 persen. Keempat, gejala berat.

“Pada gejala berat, orang yang terkonfirmasi positif mengalami sesak napas, napas cepat, dan ditambah minimal salah satu dari gejala seperti frekuensi napas lebih dari 30 kali per menit, gangguan pernapasan berat, dan saturasi oksigen kurang dari 93 persen,” ujarnya.

Akun @grenindja mengaku kesal dengan orang tanpa gejala atau gejala ringan Covid-19 yang jalan-jalan dan menularkan orang yang sehat dan mereka menjadi korban. “Inikan kacau,” kata dia dengan geram

Baca juga : Komnas HAM Duga Korban Tewas di Kerangkeng Bupati Langkat Lebih dari 3 Orang

Akun @Andika_CJ menimpali. Dia mengusulkan, orang positif Covid-19 tanpa gejala dan terus wara-wiri tidak jelas dan nularin orang bisa dituntut bio-terorisme. “Biar kapok gak jalan-jalan lagi,” kata dia

Akun @angga1402 berharap, pandemi Covid-19 gelombang ketiga gejalanya seperti flu biasa. Di mana kasus Covid-19 naik, namun angka kematian tidak setinggi gelombang kedua. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.