Dark/Light Mode

Mulai Tahun Ini, Sertifikat OSIS/Lomba Tingkat Sekolah Tak Bisa Dipakai Untuk SNMPTN

Senin, 14 Februari 2022 08:40 WIB
Manajer SNMPTN 2022 Riza Satria Perdana dalam Sosialisasi Mekanisme Pendaftaran SNMPTN secara virtual, Minggu (13/2). (Foto: YouTube)
Manajer SNMPTN 2022 Riza Satria Perdana dalam Sosialisasi Mekanisme Pendaftaran SNMPTN secara virtual, Minggu (13/2). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada perubahan kebijakan baru dalam seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri (PTN), melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Manajer SNMPTN 2022 Riza Satria Perdana menegaskan, mulai tahun ini, peserta hanya dapat melampirkan piagam prestasi minimal kabupaten/kota, dalam kolom pengisian prestasi yang bersifat tidak wajib.

Baca juga : Pemkab Lombok Tengah Sediakan Lapak Gratis Untuk UMKM Di Gelaran MotoGP

Ini berarti, sertifikat OSIS/organisasi tingkat sekolah atau lomba tingkat sekolah tidak bisa lagi digunakan untuk SNMPTN.

"Kami membatasi, untuk prestasi, minimal tingkat kabupaten/kota. Jadi, untuk prestasi tingkat sekolah, kami tidak akomodasi untuk upload di situ. Hanya level kabupaten/kota, provinsi, nasional, internasional yang dibolehkan," kata Riza dalam sosialisasi mekanisme pendaftaran SNMPTN 2022 secara virtual, Minggu (13/2).

Baca juga : Mulai Hari Ini, Stasiun Cikarang Layani Penumpang KA Jarak Jauh

Dalam kolom isian Prestasi, peserta SNMPTN dapat mengunggah tiga sertifikat prestasi.

"Silakan pilih yang paling bagus. Jangan memaksakan untuk meng-upload lebih dari tiga. Karena di tahun lalu, ada siswa yang meng-upload satu file PDF dengan banyak prestasi. Tidak seperti itu. Karena ini akan merepotkan penilaian," jelas Riza.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Garuda Kembali Terbangkan Jemaah Umroh

"Untuk memudahkan panitia, peserta harus menjelaskan kegiatan lomba yang dimaksud serinci mungkin. Lomba apa, di mana, dan diikuti oleh berapa orang," imbuhnya. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.