Dark/Light Mode

Catatan Agus Sudibyo

Intelektual Yang Menyamar Jadi Dalang

Senin, 14 Februari 2022 13:46 WIB
Prosesi pemakaman CEO Rakyat Merdeka Group/Ketua Umum PWI 2010-2020 di TPU Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan, 1 Februari 2022. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Prosesi pemakaman CEO Rakyat Merdeka Group/Ketua Umum PWI 2010-2020 di TPU Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan, 1 Februari 2022. (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Wajar, jika seorang presiden berpikir kedekatannya dengan Ketua Umum PWI bisa cukup meredakan kritisisme pers terhadap dirinya.

Namun, Mas MG seingat saya tidak pernah terjebak dalam suasana yang memaksanya menjanjikan hal itu. Dengan lihai, dia menghindar dari keterpaksaaan untuk menjanjikan hal tersebut.

Namun, hubungannya dengan Pak SBY, juga dengan Pak Jokowi tetap berjalan baik. Memberi penghargaan terhadap Presiden, menurut Mas MG tidak otomatis sama artinya dengan jaminan tidak akan ada berita negatif tentang Presiden.

Baca juga : Bukalapak Tunjuk Komisaris Independen Yenny Wahid Jadi Duta ESG

Untuk saya pribadi, Mas MG adalah sahabat, kakak yang selalu mendukung dan memberi motivasi. Beliau mendorong saya untuk menjadi orang yang lebih besar dan berguna untuk dunia media massa Indonesia.

Saya merasa terharu bahwa Mas MG berusaha melibatkan saya dalam beberapa proyek beliau, meskipun kontribusi saya sesungguhnya tidak terlalu dibutuhkan, atau dapat digantikan oleh orang lain.

Oleh karena itu, saya sangat terpukul ketika mendengar Mas MG terpapar Covid-19. Terpukul, karena pada minggu-minggu sebelumnya kita janjian untuk bertemu, namun terbentur kesibukan masing-masing.

Baca juga : Raih Eventori Award 2022, Erick Thohir: Ini Buat Mereka Yang Berjasa Di Belakang Saya

Tak ada lagi kesempatan untuk bertemu, kesempatan untuk ngobrol. Ada penyesalan mendalam mengapa menunda-nunda pertemuan dengan beliau.

Hingga akhirnya datang kabar duka itu, Mas MG meninggal dunia. Selamat jalan sang motivator. Saya bersaksi, panjenengan orang baik. Swargo langgeng.

Penulis adalah Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga Internasional Dewan Pers

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.