Dark/Light Mode

Tantangan Kian Kompleks, Kapolri Minta Densus 88 Kembangkan Kemampuan

Rabu, 16 Februari 2022 14:46 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit memberikan pengarahan dalam acara Senior Level Meeting Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, di Bali, Selasa (16/2). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit memberikan pengarahan dalam acara Senior Level Meeting Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, di Bali, Selasa (16/2). (Foto: Divhumas Polri)

 Sebelumnya 
Pada tahun 2020 Densus 88 telah menangkap 232 tersangka kasus terorisme. Sementara, sepanjang tahun 2021 setidaknya sudah ada penangkapan 370 orang tersangka terorisme.

Tak hanya itu, Densus 88 Antiteror Polri juga telah melakukan penegakan hukum terhadap kelompok teroris di Poso, saat ini kelompok tersebut tersisa tiga orang DPO dan masih terus dilakukan pengejaran.

Di hadapan personel Densus 88, Sigit juga menyampaikan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga stabilitas kamtibmas di tahun 2022.

Baca juga : Kementan: Lombok Timur Potensial Kembangkan Sentra Peternakan Kambing

Mengingat, tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam berbagai macam agenda nasional maupun internasional. Di antaranya, adalah MotoGP di Sirkuit Mandalika, NTB hingga rangkaian Presidensi G20.

Presiden Jokowi telah menekankan bahwa event internasional dan nasional harus dipastikan berjalan dengan aman dan lancar. Hal itu demi menjaga kehormatan dan kepercayaan bangsa Indonesia di mata dunia. Karena itu, ditegaskan Sigit, dalam seluruh perhelatan harus dipastikan tidak terjadi aksi teror sekecil apa pun.

"Jadi ini arahan Bapak Presiden, yang tentunya pesan ini amanah bagi institusi Polri, dan secara khusus untuk rekan-rekan yang tergabung dalam Densus 88 Antiteror Polri untuk menjaga agar selama proses event tersebut tidak ada serangan teror sekecil apa pun," pesannya.

Baca juga : Pakar Minta Kemendagri Tak Asal-asalan Pilih Plt Kepala Daerah

Pada kesempatan ini, Sigit juga menyebut telah memberikan reward kepada jajaran Densus 88 Antiteror Polri yang telah memberikan kontribusi terbaiknya untuk bangsa ini. Di tahun 2020, penghargaan dalam bentuk KPLB diberikan kepada 47 personel. Sementara satu orang, menerima KPLBA.

Sedangkan di tahun 2021, terdapat 53 personel yang mendapat KPLB. Lalu, pada tahun 2020, 45 personel mendapatkan penghargaan untuk mengikuti berbagai macam pendidikan.

Sedangkan, di tahun 2021, 63 jajaran berkesempatan mengikuti pendidikan. Untuk tahun 2022, ada 22 personel yang meraih pendidikan. Lalu, 74 pin emas telah diberikan Kapolri sepanjang tahun 2021.

Baca juga : Soal Wadas, Ganjar Minta Utamakan Dialog, Bukan Kekerasan

"Saya terus berkomitmen untuk memberikan apresiasi dan reward kepada personel yang telah meraih banyak prestasi dan menjadi kebanggaan institusi, masyarakat, negara dan kebanggaan Indonesia di mata internasional," tutup Sigit. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.