Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

MotoGP Dan Mandalika, Saling Cinta Yang Kini Menyatu

Jumat, 11 Februari 2022 13:38 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Foto: Dok. Pribadi)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Foto: Dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Oleh: Bambang Soesatyo

Setelah seperti sama-sama menahan rindu, MotoGP dan Mandalika akhirnya bertemu dan menyatu. Mereka saling menumpahkan rasa cinta dan sayang pada pertemuan pertama.

Ini bukan lebay, tapi faktanya memang demikian. Lihatlah status resmi para pembalap, tim, bahkan MotoGP, tak lama setelah mereka hadir di Lombok. Foto-foto dan kalimat pujian akan keindahan alam dan keramahan masyarakat di sekitar Mandalika jadi mendunia.

Baca juga : Ada Yang Selfie Di Gunung, Ada Yang Jemur Di Pantai

Tes pramusim di Pertamina Mandalika Circuit Street International yang dimulai Jumat (11/2) hingga Minggu (13/2) dipastikan akan berjalan maksimal. Kenapa? Karena sewaktu tes pertama di Sepang, Malaysia, para pembalap dan tim belum mengeluarkan semua kemampuan dan juga terganggu hujan.

Alasan lain adalah, tidak ada tes pramusim lagi setelah di Sirkuit Mandalika. Biasanya, selalu ada tes pramusim terakhir di sirkuit tempat penyelenggaraan seri pertama. Dalam beberapa musim terakhir sirkuit dimaksud adalah Losail di Qatar.

Dengan tambahan semua tim juga sudah meluncurkan motor terbaru untuk musim 2022, tak salah bila kita anggap tes pramusim di Mandalika akan menjadi tempat unjuk kekuatan tertinggi. Apakah untuk menguji kecepatan maksimal motor untuk kualifikasi (time attack) maupun lomba (long run).

Mandalika sendiri dengan kondisi masih serba terbatas, siap untuk dipakai tes. Segenap dukungan telah diberikan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Baca juga : Sah! Ajang MotoGP di Mandalika Disebut Pertamina Grand Prix of Indonesia

Saya terharu dan bangga dengan sambutan para pebalap dan tim terhadap keberadaan Mandalika. Sirkuit ini sebelumnya telah menjadi buah bibir dan setelah ini tentu kita harapkan akan lebih bergema lagi, sehingga memancing penonton mancanegara untuk hadir bulan depan. Kalaupun misalnya belum ada kesempatan tahun ini, masih ada tahun-tahun ke depan.

IMI telah berusaha maksimal sesuai kapasitas yang dimiliki. Kami selalu keep in touch dengan semua stakeholder MotoGP. Apakah itu Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), Dorna Sports, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), atau Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Semua ingin tes pramusim ini berjalan baik dan lancar, serta puncaknya adalah bulan depan Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung hebat.

Siapa pun yang menjadi tercepat di Mandalika selama tes pramusim nanti, saya berharap itu adalah hasil dari pengembangan optimal. Ini tentu bisa didapat karena karakter Mandalika yang fast and flowing memungkinkan untuk itu.

Selamat berkeringat dan memutar otak di Mandalika!***

Baca juga : Pemerintahannya Diguncang Skandal Seks, Scott Morrison Minta Maaf

Penulis: Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.