Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Omicron, Kapolri Kembali Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Dan Disiplin Prokes

Rabu, 16 Februari 2022 23:02 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak di Discovery Mall Bali, Rabu (16/2). Dalam kesempatan ini, Kapolri juga meninjau secara virtual pelaksanaan vaksinasi serentak pada 4.831 titik di 34 Provinsi Indonesia.

Vaksinasi serentak di 34 provinsi pada hari ini menargetkan 1,1 juta masyarakat tervaksin. Baik dosis satu dan dua, hingga dosis ketiga atau booster.

Diingatkannya, saat ini, akselerasi vaksinasi penting dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Khususnya varian Omicron, yang saat ini angkanya sudah melebihi varian Delta.

Baca juga : Kapolri Kembangkan Struktur Densus 88, Perpresnya Sudah Diteken Jokowi

"Kenapa vaksinasi kita lakukan tentunya kita tahu bahwa varian Omicron saat ini sudah meningkat jauh di atas varian Delta. Jadi angkanya sudah di atas puncak tertinggi varian Delta. Sehingga tentunya kita harus lakukan langkah dan strategi dalam rangka menghadapi varian tersebut," ujar Sigit.

Eks Kabareskrim Polri itu mengungkapkan, salah satu yang menjadi target prioritas akselerasi vaksinasi adalah kelompok lanjut usia (lansia). Sebab, mereka rentan terinfeksi Covid-19.

"Kita juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan RS khususnya ruang ICU, sehingga pada saat ada masyarakat yang dirawat masyarakat tersebut bisa sembuh," tuturnya.

Baca juga : Arahan Kapolri Ke Jajaran: Lakukan Evaluasi Dan Tingkatkan Akselerasi Vaksinasi

Tak hanya kesiapan rumah sakit, Sigit juga meminta kesiapan tempat isolasi terpusat (isoter) untuk merawat masyarakat yang bergejala ringan, yang rumahnya tidak memenuhi syarat untuk melakukan isolasi mandiri (isoman).

Mantan Kapolda Banten terus mengimbau masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi agar segera melakukannya. Kemudian bagi masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi dua dosis dalam jeda enam bulan, diminta segera mendatangi gerai-gerai vaksin untuk mendapatkan booster.

"Sehingga imunitas kita betul-betul bisa terjaga. Lalu gunakan masker tentunya menjadi salah satu prioritas juga yang selalu kita ingatkan karena ini juga untuk menjaga agar kita bisa terlindungi dari transmisi penularan varian omicron," imbaunya.

Baca juga : Kemenkes Ingatkan Dinkes Dan Direktur RS Antisipasi Kekurangan Nakes

Vaksinasi, dikombinasikan dengam penegakan protokol kesehatan (prokes), penting dilakukan agar masyarakat tetap bisa melakukan aktivitas. Sehingga pertumbuhan ekonomi tetap terjaga dan meningkat di tengah penyebaran Covid-19 varian Omicron.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.