Dark/Light Mode

Segera Suntik Booster, Jangan Ditunda-tunda!

Kamis, 17 Februari 2022 09:00 WIB
Tenaga Medis menyuntikkan Vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster di Sentra Vaksinasi RSUI, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/1). (Foto: RIZKI SYAHPUTRA / RM).
Tenaga Medis menyuntikkan Vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster di Sentra Vaksinasi RSUI, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/1). (Foto: RIZKI SYAHPUTRA / RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenkes_RI mengunggah meme tentang vaksin booster. Dijelaskan, pemberian vaksin booster dosis setengah menunjukkan peningkatan antibodi yang sebanding dengan dosis penuh. Jarak terbaik untuk mendapatkan vaksin booster Covid-19, minimal 6 bulan setelah vaksinasi primer dosis lengkap.

“Pemberian dosis lanjutan ini bertujuan mempertahankan dan memperpanjang kekebalan tubuh, terutama bagi kelompok rentan,” ujar Kemenkes_ri.

Baca juga : Cek Penyaluran Bansos Di Pekanbaru, Muhadjir: Jangan Persulit Orang Susah!

Di awal tahun tahun ini, kata Kemenkes_ri, Pemerintah telah memulai vaksinasi booster bagi masyarakat usia di atas 18 tahun. Saat ini, ada 5 kombinasi vaksin booster yang digunakan Kementerian Kesehatan, baik yang homologus maupun heterologus.

“Pemberian vaksin booster dapat menggunakan vaksin yang sejenis dengan vaksin primer (homologous) dan vaksin yang berbeda dengan vaksin primer (heterologous),” jelasnya.

Baca juga : Jika Anak Batuk Pilek, Jangan Sekolah Dulu

Penelitian yang dilakukan di berbagai negara menunjukkan, pemberian vaksinasi booster homologous dan heterologous menunjukkan hasil yang baik dalam meningkatkan kadar antibodi.

Hasil penelitian Kemenkes bersama peneliti di Universitas Padjadjaran dan Universitas Indonesia juga serupa. Yaitu, pemberian setengah dosis vaksin memiliki efektivitas yang relatif sama dengan vaksinasi booster satu dosis.

Baca juga : Mau Vaksin Booster Sambil Nge-mall? Di Sini Tempatnya...

Kemenkes_ri memastikan pemberian vaksinasi booster telah melalui serangkaian uji klinis, sehingga dipastikan aman dan berkhasiat. Dia meminta masyarakat yang telah mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi, segera ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat untuk booster.

Akun @FaheemYounus mengatakan, vaksin booster adalah perlindungan terbaik terhadap varian Omicron. Dia mendorong yang sudah mendapat tiket vaksin ke-3 mempercepat suntik booster sebelum kasus memuncak. “Dapatkan booster vaksin mRNA jika memungkinkan,” saran dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.