Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Banyak Aspal Terkelupas, Perbaikan Sirkuit Mandalika Dikebut

Kamis, 17 Februari 2022 19:47 WIB
Sirkuit Internasional Mandalika. (Foto: Ist)
Sirkuit Internasional Mandalika. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola Sirkuit Mandalika mendapatkan apresiasi dari Dorna pemegang hak komersial MotoGP, dan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

MGPA dinilai sukses menggelar tes pramusim MotoGP di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11-13 Februari 2022.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan, baik Dorna maupun FIM tegas menyatakan bahwa Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional adalah salah satu sirkuit teraman di dunia.

Baca juga : Manjain Penonton MotoGP, Kemenhub Siapkan Bus Gratis Ke Sirkuit Mandalika

"Pra session tes kemarin telah membuat pihak Dorna selaku pemilik kejuaraan MotoGP dan FIM selaku regulator motor sport roda dua sangat puas secara umum dengan keberadaan petugas lintasan, petugas marshal, safety atau keamanan dokter, serta terutama lintasannya sendiri," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (17/2).

Dorna dan FIM, kata Priandhi, sangat puas dengan kondisi sirkuit karena lintasannya sangat lebar. Di setiap tikungan run-off nya juga cukup lebar. Setelah run off juga ada lagi area grafel yang sangat lebar sebelum tembok pembatas.

Lintasan sirkuit dianggap salah satu yang terbaik karena karakternya yang sangat khas dengan tikungan yang berbeda-beda dengan tingkat kesulitan yang berbeda pula.

Baca juga : Karena Aspal Setitik, Jangan Rusak Mandalika Sebelanga

"Ini adalah sirkuit yang sangat baik dari sisi lintasan bagi pebalap karena karakter setiap tikungan berdeda, tingkat kesulitan berbeda jadi semua pembalap tidak mudah itu untuk menjadi juara. Triknya banyak sekali," tuturnya.

Namun, dirinya mengakui ada sejumlah rekomendasi usai tes pra musim usai. Ia menilai, itu hal yang lumrah karena usai digunakan, sirkuit harus segera dibenahi kembali sebelum main race digelar.

Rekomendasi tersebut di antaranya melakukan pengecatan ulang lintasan pada beberapa titik. Serta, perbaikan grid start agar terlihat lebih baik, karena akan disaksikan oleh ratusan juta penonton dari seluruh dunia.

Baca juga : Hari Terakhir Tes Pramusim Di Mandalika, Pembalap MotoGP Makin Ngebut

"Ini dasarnya juga adalah mempercantik sirkuit agar nanti terlihat bagus saat penyelenggaraan ajang Pertamina Grand Prix 2022. Karena keberadaan balap ini akan disiarkan langsung ke seluruh dunia dan disaksikan lebih dari 500 juta pasang mata," jelas Priandhi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.