Dewan Pers

Dark/Light Mode

Bukan Mitos, Vaksinasi Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minggu, 20 Februari 2022 08:50 WIB
Mitos dan fakta seputar vaksin Covid-19. (Foto: whoindonesia)
Mitos dan fakta seputar vaksin Covid-19. (Foto: whoindonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program vaksinasi Covid-19 terus digenjot oleh Pemerintah. Sayangnya, masih banyak informasi salah seputar vaksin Covid-19 yang membuat tidak sedikit orang ragu, bahkan menolak vaksinasi.

Melalui meme, @whoindonesia mengungkap mitos dan fakta seputar vaksin Covid-19. Mitos menyebut vaksin Covid-19 mengurai keefektifan sistem kekebalan tubuh. Padahal faktanya, vaksin Covid-19 justru meningkatkan keefektifan sistem kekebalan tubuh.

Caranya, kata dia, adalah dengan mendorong sistem kekebalan agar merespons virus saat berkontak langsung dengan virus. Dia menegaskan, vaksin membantu tubuh kita melawan virus.

Berita Terkait : Gile, Dandanin Tengkorak Plastik Demi Kelabui Polisi

“Fakta: Vaksin #COVID19 meningkatkan keefektifan sistem kekebalan tubuh kita. #Ayovaksin,” ujar @whoindonesia.

Akun @AdamPrabata mengungkap salah satu mitos yang juga ramai diperbincangkan masyarakat. Yakni, vaksin Covid-19 bisa mengganggu kesuburan. Faktanya, kata dia, tidak ada bukti vaksin Covid-19 mengganggu kesuburan.

“Kena Covid-19 pas lagi hamil malah risiko meninggal dunia ibu dan bayi meningkat. Yuk kurangi percaya mitos-mitos kaya begini,” ungkapnya.

Berita Terkait : Danone SN Gelar Vaksinasi Booster Untuk Karyawan Di Yogya Dan Prambanan

Akun @FaheemYounus juga mengungkapkan antara mitos dan fakta. Mitosnya, kata dia, ketidakhawatiran tentang tindakan pencegahan atau vaksin Covid-19. Karena, Tuhan akan menyelamatkan.

“Fakta: Jika itu masalahnya, mengapa Anda mencari pengobatan untuk diabetes, penyakit jantung, dan semua infeksi lainnya? Mengapa tidak menyerahkan semuanya kepada Tuhan,” tutur dia.

Akun @lantasbanggai mengajak masyarakat segera ikut program vaksinasi dan mengubah pola pikir tentang vaksin. Kata dia, bukan hoaks bukan abal-abal, vaksin dapat merangsang sistem Kekebalan tubuh, mengurangi risiko penularan, mengurangi dampak berat dari virus dan mencapai herd immunity.

Berita Terkait : Ekspor Impor Melejit, Aktivitas Logistik Tumbuh

“Vaksin melindungi diri kita dari kerusakan fatal karena virus Covid-19. Jangan termakan hoaks yang tidak bertanggung jawab. Segera vaksin agar kita tetap aman bila sampai terpapar,” kata @Gajah_Mada01.
 Selanjutnya