Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Usai Vaksinasi Booster, Imunitas Tubuh Harus Tetap Dijaga

Selasa, 15 Februari 2022 16:31 WIB
Kegiatan vaksinasi booster di Pasar Modern Intermoda BSD City. (Foto: ist)
Kegiatan vaksinasi booster di Pasar Modern Intermoda BSD City. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksinasi booster sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19. Namun, meski sudah divaksin booster, imunitas tubuh tetap harus dijaga.

“Vaksin booster sangat diperlukan setelah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua, karena terjadinya penurunan efektivitas di bulan ke-4 sampai ke-6,” kata dokter praktik Klinik SehatQ Karawaci, dr. Ranto B. Tampubolon pada acara pembukaan sentra vaksinasi booster di Pasar Modern Intermoda BSD City, Provinsi Banten, Selasa (15/2).

dr Ranto mengatakan, merujuk penelitian dari Centers of Disease Control and Prevention bahwa perlindungan imun tubuh setelah mendapatkan suntikan booster akan berkurang setelah 10 minggu hingga empat bulan. Antibodi akan menurun seiring waktu, tetapi bukan berarti respons imun berkurang. Sel T dan sel B masih ada untuk melindungi dari keparahan penyakit. 

Selama pengamatan awal pada kinerja vaksin booster, para peneliti menemukan adanya efektivitas yang tinggi mencapai 78 lees hingga empat bulan setelah dosis ketiga. Efektivitas ini diamati dari orang yang telah mendapatkan booster, di mana tingkat sakitnya berkurang meski belum tentu terlindungi 100 persen dari infeksi.

Baca juga : BP2MI Gelar Vaksinasi Booster Untuk 800 Pegawai

dr Ranto juga mengingatkan masyarakat bahwa mengonsumsi vitamin C, D, dan imunomodulator sangat dianjurkan untuk menjaga imunitas di sela-sela menunggu jadwal vaksin booster lanjutan.

Menurut dia, untuk perlindungan kesehariannya, kita perlu vitamin C cukup 500 mg, tapi kalau dalam keadaan sakit maksimal 1000 mg. Kalau untuk vitamin D, bisa konsumsi 1000 iu sudah cukup untuk keseharian. Kalau hingga 5000 iu untuk yang sedang sakit. 

“Ditambah imunomodulator sudah sangat baik dan aman dipakai untuk keseharian tapi ada maksimal pemakaiannya yakni sampai 6 bulan. Jadi ini dapat meningkatkan imun kita yang saat ini kasus Covid-19 sedang meningkat lagi,” jelas dr. Ranto.

Pentingnya vaksin booster untuk mengurangi tingkat keparahan infeksi Covid-19 ini, membuat SehatQ bekerjasama dengan Dexa Medica dan aplikasi OneSmile, membuka sentra vaksinasi booster bagi orang dewasa di kawasan Pasar Modern Intermoda BSD City hingga 18 Februari 2022.

Baca juga : Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Kapolri Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Sentra vaksinasi booster ini diperuntukkan bagi masyarakat berusia 18 tahun dan berusia lansia yang telah menerima vaksinasi dosis lengkap pertama dan kedua.

Head of Marketing Consumer Health Product PT Dexa Medica, Irene Dwi Sari mengatakan, kerja sama STIMUNO juga OXYVIT dengan SehatQ bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat cakupan vaksin booster ke masyarakat umum. 

Selain itu, STIMUNO dan OXYVIT ingin terus mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga imun tubuh melalui imunomodulator Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) fitofarmaka atau yang sudah teruji klinis secara terus menerus supaya ‘Gak Gampang Sakit’. 

“Sementara OXYVIT suplemen Vitamin C dan D3 1000 iu sangat dianjurkan untuk meregulasi sistem imun serta meningkatkan aktivitas sel imun dalam melawan virus dan bakteri,” ujar

Baca juga : Dukung Evaluasi PTM, Gus Jazil: Pendidikan Harus Tetap JalanĀ 

Dalam Pedoman Tata Laksana Covid-19 Edisi Keempat disebutkan bahwa pada pasien Covid-19 gejala ringan hingga berat dapat mengonsumsi vitamin C 500 mg, Vitamin D dosis 1000 iu, dan obat-obatan supportif baik tradisional (fitofarmaka) maupun Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang teregistrasi di Badan POM. [DIT]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.