Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei Indikator Politik Indonesia: Mayoritas Publik Puas Terhadap Kinerja Presiden Jokowi

Minggu, 20 Februari 2022 17:13 WIB
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi. (Foto: Zoom)
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi. (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indikator Politik Indonesia mengumumkan hasil survei online bertajuk Sikap Publik Terhadap Omicron, Vaksin Booster, PTM, dan Protokol Kesehatan. Salah satu hasilnya, mayoritas masyarakat publik puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mereka yang puas dan sangat puas kalau kita gabung itu sekitar 70-an persen, 71 persen kalau kita bulatkan," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara virtual, Minggu (20/2).

Baca juga : Kota Solo Terang Benderang Sejak 1901 Hingga PLN Berdiri

Hanya 25 persen responden yang menyatakan kurang atau tidak puas terhadap kinerja Presiden Jokowi. Dan ada 4 persen yang tidak tahu atau tidak menjawab ada. Temuan tersebut kurang lebih menunjukkan tren kepuasan terhadap pemerintah yang cukup stabil.

Bila didetailkan lebih lanjut, ada 66,9 persen responden laki-laki yang menyatakan cukup atau sangat puas terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca juga : Peringati Tragedi Perang Dunia II Di Mentok

Lalu, 75 persen responden perempuan menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah Presiden Jokowi. "Tingkat kepuasan di kalangan perempuan sedikit lebih tinggi dibanding laki-laki," imbuhnya.

Sementara dari aspek etnik, tingkat kepuasan dari etnis Sunda dan Betawi relatif lebih rendah dibanding etnis lainnya. Diketahui, etnis Sunda yang puas atau sangat puas terhadap kinerja Presiden Jokowi ada 49,7 persen. Sedangkan etnis Betawi yang puas atau sangat puas ada 50,2 persen.

Baca juga : Nyaris 80 Persen Publik Puas Kepemimpinan Jokowi

Jika dilihat dari aspek agama, responden beragama Katolik dan Protestan memiliki tingkat kepuasan yang jauh lebih tinggi dibanding responden yang beragama Islam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.