Dewan Pers

Dark/Light Mode

Survei NEW INDONESIA

Nyaris 80 Persen Publik Puas Kepemimpinan Jokowi

Rabu, 16 Februari 2022 21:28 WIB
Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting tentang kepuasan publik kepada Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)
Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting tentang kepuasan publik kepada Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelombang ketiga Pandemi Covid-19 yang dipicu oleh varian Omicron tengah melanda Indonesia. Kurva kenaikan kasus positif tengah menuju puncak. Sebagai catatan, pada gelombang kedua akibat varian Delta mencapai puncak dengan 56 ribu kasus per hari.

Berbeda dengan gelombang-gelombang sebelumnya, pemerintah tampaknya lebih siap dan percaya diri. Tidak ada pembatasan sosial yang seketat sebelumnya, hingga mendapat protes dari kalangan pelaku usaha yang paling terdampak saat itu.

Demikian pula dengan fasilitas kesehatan yang hampir kolaps pada gelombang kedua, dengan melonjaknya bed occupancy rate (BOR) hingga terjadi kelangkaan oksigen. Berbagai pihak sampai harus turun tangan untuk menjamin pasokan oksigen yang sangat dibutuhkan pasien.

Berita Terkait : Mayoritas Publik Setuju Indonesia Dipimpin Perempuan

Kesiapan pemerintah didukung oleh tingginya tingkat vaksinasi yang telah mencapai lebih dari 90 persen untuk dosis pertama dan 65 persen untuk dosis kedua. Pemerintah juga telah menggulirkan vaksinasi untuk anak-anak dan booster atau dosis ketiga.

Sementara itu, survei serologi di 100 kabupaten/kota di sebagian wilayah aglomerasi maupun non-aglomerasi menunjukkan sebanyak 86,6 persen penduduk Indonesia telah memiliki kekebalan terhadap Covid-19, baik karena vaksinasi maupun karena pernah terinfeksi.

Krisis kesehatan yang juga berdampak terhadap ekonomi pelan-pelan mulai teratasi. Pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021 sebesar 3,69 persen, atau mencatatkan perbaikan dibanding pada 2020 atau awal pandemi yang hanya mencapai 2,07 persen.

Berita Terkait : Prabowo Capres Terkuat Jauh Tinggalkan Anies & Ganjar

Dengan sejumlah faktor tersebut, terbukti mayoritas publik merasa puas dengan kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan kepuasan publik mencapai 79,3 persen.

"Tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi nyaris menembus 80 persen," ungkap Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (16/2).

Jika melihat tren dalam setahun terakhir, tingkat kepuasan tersebut mencapai rekor tertinggi. Sebelumnya kepuasan sempat merosot di bawah 60 persen pada saat gelombang kedua Covid-19, tetapi kemudian bergerak naik kembali.

Berita Terkait : Prabowo-Puan Pasangan Terkuat Pilpres 2024

Sementara itu masih ada sebanyak 19,6 persen yang menyatakan tidak puas, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 1,1 persen.

"Sejumlah persoalan masih dikeluhkan masyarakat, seperti kelangkaan minyak goreng," pungkas Andreas.

Survei NEW INDONESIA Research & Consulting dilakukan pada 1-10 Februari 2022 terhadap 1200 orang mewakili seluruh provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]