Dark/Light Mode

Update Gempa Pasaman Barat: 7 Orang Meninggal, 85 Luka

Jumat, 25 Februari 2022 20:55 WIB
Gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat(25/2). (Foto: Dok. DPC Demokrat Pasaman Barat)
Gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat(25/2). (Foto: Dok. DPC Demokrat Pasaman Barat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Data sementara Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan tujuh warga meninggal dunia akibat gempa magnitudo (M) 6,1 yang berdampak pada beberapa wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, Jumat (25/2) pagi,

"Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menginformasikan pada pukul 16.30 WIB, jumlah korban meninggal teridentifikasi tiga orang di Kabupaten Pasaman Barat dan empat orang di Kabupaten Kabupaten Pasaman," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari seperti dilansir Antara, Jumat. (25/2).

Baca juga : Gempa Pasaman Sumbar Terasa Hingga Negeri Jiran

Abdul menjelaskan menurut data tersebut, total korban luka-luka mencapai 85 orang. Rinciannya, luka berat 10 orang dan luka ringan 50 orang di Pasaman Barat, serta 25 orang di Pasaman.

BPBD Kabupaten Pasaman belum merinci kategori korban luka-luka yang dilaporkan ke Pusdalops BNPB. "Gempa juga berdampak pada pengungsian warga. Hingga kini sebanyak 5.000 warga mengungsi di 35 titik," ujar Abdul.

Baca juga : Gempa M6,2 Guncang Pasaman Sumatera Barat, Getaran Terasa Hingga Malaysia Dan Singapura

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan sebaran titik pengungsian di Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman dan Kinali. Petugas di lapangan masih mendata warga yang mengungsi.

Petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, para personel organisasi maupun relawan dan warga masih memfokuskan pada pencarian, penyelamatan dan evakuasi serta pelayanan kepada warga terdampak.

Baca juga : 2 Pasang Rawan Berantem 3 Pasang Lebih Menantang

Pasca gempa M6,1, Pusdalops BNPB menerima laporan kejadian dua gempa susulan yang cukup signifikan dengan M5,0 pada pukul 11.02 WIB dan gempa M5,1 pukul 11.06 WIB. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.