Dark/Light Mode

Long Covid Itu Nyata Lho, Begini Gejalanya

Sabtu, 26 Februari 2022 09:00 WIB
Ilustrasi, pasien long Covid. (Foto: SHUTTERSTOCK/fizkes).
Ilustrasi, pasien long Covid. (Foto: SHUTTERSTOCK/fizkes).

RM.id  Rakyat Merdeka - Long Covid atau gejala berkepanjangan akibat virus Corona adalah nyata. Mereka yang mengalami long Covid ternyata banyak juga. Setengah dari total jumlah penyintas Covid-19 disinyalir mengalami kondisi itu.

Pandemictalks mengunggah meme organ dalam yang mengalami long Covid. Otak, paru-paru, sistem sirkulasi dan sistem imun mengalami kerusakan.

Pada penyintas yang mengalami gejala ringan, tetap dapat mengalami masalah pada otaknya. Kognitif penyintas akan mengalami penurunan konsentrasi dan ingatan.

Baca juga : Ini Strategi Satgas Covid-19 Hadapi Lonjakan Kasus

Begitu pun pada organ paru-paru. Bukti awal menunjukkan, para penyintas Covid mengalami penurunan fungsi paru. Sehingga, kerap kali para penyintas merasa sesak napas.

Pun dengan sistem sirkulasi. Para penyintas Covid banyak yang mengeluh kelelahan parah. Kemungkinan, mereka mengalami gangguan aliran oksigen pada otot.

Sistem imun pun serupa, menimpa para penyitas. Sisa-sisa partikel virus dan autoantibodi menyebabkan gangguan sistem imun kronis yang menyebabkan berbagai gejala di tubuh.

Baca juga : Din Nyalain Pelita Untuk Terangi Yang Gelap

“Masih banyak hal yang belum dapat dijelaskan oleh ilmuwan dan dokter mengenai long Covid,” kata Pandemictalks.

Menurut Pandemictalks, studi menyebutkan 10-30 persen penyintas Covid-19 tidak pulih secara total. Gejala long Covid beragam, dan sering dianggap psikosomatik dan sulit didiagnosis. Bahkan, seringkali tes lab menunjukkan hasil normal.

“Namun, bagaikan titik terang, pelan-pelan para peneliti menemukan disfungsi yang terlihat di seluruh tubuh pasien long Covid. Untuk teman-teman yang mengalami long Covid, jangan patah semangat ya,” ujarnya.

Baca juga : Diserang Covid, Kantor Sudin Nakertrans-E Lockdown 3 Hari

Netizen banyak yang curhat mengalami long Covid-usai terkena Covid-19. Mayoritas mengalami sesak napas dan gampang sekali capek. Tua muda, perempuan laki-laki, pejabat rakyat, bisa mengalami long Covid.

“Semua bisa terkena. Bahkan, atlet profesional sekalipun. Cegah long Covid dengan mencegah terkena Covid-19,” kata @CovidSurvivorID.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.