Dark/Light Mode

Indikatornya Dianggap Sudah Terpenuhi

Indonesia Tunggu WHO Tetapkan Status Endemi

Jumat, 4 Maret 2022 08:00 WIB
Ilustrasi Covid-19 di Indonesia. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Covid-19 di Indonesia. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
“Alhamdulillah. Bulan depan sudah bisa kembali berkegiatan seperti sediakala,” ujar @Trythis.

Menurut @Mbokayu, Pemerintah sudah menyiapkan road map atau peta jalan transisi pandemi Covid 19 menuju endemi.

Akun @1404Stj mengatakan, disiplin prokes 5M, dan vaksinasi Covid-19 harus terus digencarkan meski sudah berubah status menjadi endemi.

Baca juga : Menkes Persiapkan Pandemi Ke Endemi

“Karena ini sangat esensial untuk percepatan mengatasi pandemi Covid di seluruh Indonesia dan berubah menjadi endemi,” ujarnya.

Akun @iamfreddywibowo menilai, kebijakan Pemerintah menangani pandemi Covid-19 sudah tepat walaupun tidak 100 persen. Buktinya, kasus Covid-19 di Tanah Air terus melandai.

Untuk itu, @iamfreddywibowo mendukung perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Siap tidak siap, masyarakat akan terus hidup berdampingan dengan virus di masa depan, layaknya flu. “Yang penting tetap prokes dan beraktivitas seperti biasa,” katanya.

Baca juga : KSP: Pemerintah Nggak Bakal Terburu-buru Turunkan Status Pandemi Jadi Endemi

Menurut @Fuzafirdauszan, masyarakat yang bisa memastikan pandemi selesai dan berubah menjadi endemi.

“Parameter endemi harus jelas dan terukur, termasuk antisipasi munculnya varian baru. Herd immunity saja tidak cukup,” kata @ardian_asmar.

“Perbaiki dulu sistem kesehatan untuk beralih ke endemi Covid-19. Pemerintah juga harus menyiapkan potensi munculnya pandemi lain pasca Covid-19,” kata @HublaNetwork.

Baca juga : Indonesia Sentris Kini Di Depan Mata

Kata @financialguard, perubahan status dari pandemi menjadi endemi, berdampak pada kewajiban Pemerintah. Dengan status endemi, Pemerintah tidak akan menanggung biaya kesehatan pasien Covid-19. “Ini akan meminimalisir pengeluaran anggaran negara,” kata dia.

Namun, @Hartatik09 menilai, Indonesia belum siap menuju endemi Covid-19. Dia berharap, Pemerintah lebih bijak dan hati-hati mengambil keputusan mengubah pandemi menjadi endemi Covid-19.

“Pelayanan kesehatan di daerah pelosok harus ditingkatkan sebelum berubah ke endemi. Nanti kalau kolaps karena adanya varian, baru bingung,” saran @Dewibumi88. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.