Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

TNI-Polri Dan Warga Sudah Kerja Bakti

Mendingin, Wadas Jangan Dipanasin

Minggu, 13 Februari 2022 08:47 WIB
Foto warga Wadas, Jawa Tengah yang sedang kumpul di masjid ini, dishare Allisa Wahid, di akun twitternya, kemarin. (Foto: Istimewa).
Foto warga Wadas, Jawa Tengah yang sedang kumpul di masjid ini, dishare Allisa Wahid, di akun twitternya, kemarin. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi di Desa Wadas, Kecamaten Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, perlahan-lahan berangsur mendingin. Ratusan personel kepolisian yang sebelumnya berjaga-jaga, sudah ditarik pulang. Berbagai dialog juga sudah mulai digelar antara warga yang pro dan kontra. Supaya Wadas terus dingin, please jangan coba-coba ada yang nekat manasin ya.

Seharian kemarin, sudah tidak terdengar lagi ada gesekan antara aparat dengan warga sipil. Beberapa TNI-Polri yang berjaga-jaga juga, sudah kerja bakti dengan warga setempat.

Baca juga : Ganjar Datang, Suasana Di Wadas Tenang

Kerja bakti itu dipimpin langsung Wakapolres Purworejo, Kompol Asep Supiyanto. Kegiatan ini terselenggara usai pengukuran tanah yang dilakukan BPN rampung. Masyarakat pun happy lantaran mendapat sembako.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga antusias saat sejumlah Polwan memberikan jajanan. “Kegiatannya menyerahkan bingkisan sembako kepada masyarakat di Desa Wadas. Baik yang pro pembebasan lahan maupun yang kontra, tidak kami bedakan,” kata Asep.

Baca juga : Lawan Madura United, 7 Pemain Persija Masih Jalani Karantina

Kabag SDM Polres Purworejo, Kompol LW Bramantyo menyampaikan, aktivitas warga di Desa Wadas berjalan normal, tanpa ada kendala. Pedagang mulai menjajakan barang dagangannya. Begitu juga dengan para petani, sudah menggarap lahannya.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi telah menarik pasukannya sejak Jumat (11/2). Tinggal beberapa anak buahnya yang melakukan pengamatan, dan baksi sosial bersama masyarakat. Selanjutnya, pendekatan warga bakal dilakukan lewat dialog yang dipimpin langsung Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Baca juga : Ganjar Sudah Kerja Lagi, Tangannya Belum Bisa Lurus

Bupati Purworejo, Agus Bastian berharap polemik Wadas segera selesai. Solusi terus dicari agar semua warga menerima. Ia meminta pihak luar tidak mencampuri persoalan di Wadas. Karena dikhawatirkan situasi yang mulai mendingin, kembali memanas.

Hingga kemarin, sejumlah pihak memang sudah turun langsung ke Desa Wadas. Diawali oleh rombongan Komisi III DPR yang dipimpin Desmond J Mahesa. Setelah itu, perwakilan Komnas HAM juga ikut menggelar dialog bersama warga. Dari pemerintah pusat, tim dari Kepala Staf Kepresidanan juga sudah turun ke Wadas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.