Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HKTI Luncurkan Gerakan Kemanusiaan Segelas Beras Untuk Disabilitas

Senin, 7 Maret 2022 16:30 WIB
Ketua Umum HKTI Moeldoko. (Foto: Dok. HKTI)
Ketua Umum HKTI Moeldoko. (Foto: Dok. HKTI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) meluncurkan gerakan kemanusiaan “Segelas Beras untuk Disabilitas”. Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko menegaskan, gerakan tersebut wujud kepedulian seluruh jajaran HKTI kepada masyarakat yang terkena dampak krisis pandemi Covid-19, terutama para penyandang disabilitas.

“Kita tunjukkan HKTI bukan hanya sekadar nama atau bendera. Tapi HKTI punya program-program yang memiliki aspek kemanusiaan yang tinggi,” tegas Moeldoko, dalam Rapat Nasional HKTI, yang digelar secara daring, Senin (7/3).

Baca juga : Berkas Perkara Dilimpahkan, Bupati Kuansing Andi Putra Segera Diadili

Moeldoko menjelaskan, gerakan Segelas Beras untuk Disabilitas berskala nasional serta bersifat jangka panjang dan berkelanjutan. Pelaksanaanya bisa per tiga bulan atau sesuai kebutuhan, dengan melibatkan semua pihak yang memiliki kepedulian terhadap masyarakat difabel.

“Gerakan ini dikelola secara transparan dan akan dilakukan kontrol dan pengawasan yang ketat. Jadi, jangan coba-coba ada yang menyalahgunakan program ini. Karena ini arahnya kemanusiaan,” pesan Moeldoko. 

Baca juga : Lestari Ingatkan Ancaman Kekerasan Seksual Lewat Game Online

Kepala Staf Kepresidenan ini memerintahkan setiap pimpinan HKTI di daerah untuk melaporkan kegiatannya pada HKTI pusat secara berkala.

Untuk mewujudkan program tersebut, Panglima TNI 2013-2015 ini juga menginstruksikan seluruh pimpinan dan pengurus HKTI baik di pusat, daerah, dan organisasi sayap, segera melakukan fungsi manajemen, yakni dengan membuat perencanaan yang baik. Mulai dari membangun kemitraan dengan semua pihak untuk mendapatkan bantuan hingga pendataan terhadap penerima.

Baca juga : KAI Dukung Gerakan Nasional Kembali Ke Angkutan Umum

“Saya persilakan untuk membuka kemitraan dengan siapa pun, baik pengusaha, petani, ataupun tokoh masyarakat. Dan segera lakukan pendataan penerima bantuan. Sehingga saat bantuan sudah didapatkan bisa langsung disalurkan dengan tepat sasaran,” ujar Moeldoko.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga menyampaikan arahan terkait pembentukan gugus tugas di setiap daerah guna mempercepat pelaksanaan gerakan kemanusiaan segelas beras untuk disabilitas. “Agar jelas siapa yang tanggung jawab dalam pengorganisasian ini dan seperti apa mekanisme pelaksanaanya mulai dari penggalangan bantuan hingga penyalurannya,” pungkas Moeldoko. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.