Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gantikan JK Jadi Ketua IKA Unhas

Ganjar, Anies Hingga Emil Ucapkan Selamat Ke Amran

Selasa, 8 Maret 2022 18:46 WIB
Menteri Pertanian Periode 2014-2019 Andi Amran Sulaiman terpilih sebagai Ketua Umum IKA Unhas 2022-2026, Sabtu (5/3). (Foto: Istimewa)
Menteri Pertanian Periode 2014-2019 Andi Amran Sulaiman terpilih sebagai Ketua Umum IKA Unhas 2022-2026, Sabtu (5/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian periode 2014-2019 Andi Amran Sulaiman terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) 2022-2026 pada Sabtu (5/3).

Terpilihnya Amran menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati eks Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) selama hampir kurun waktu 25 tahun ini pun disambut suka cita oleh berbagai kalangan.

Andi Amran terpilih setelah menang telak dalam pemilihan Ketua Umum IKA Unhas dalam mekanisme voting yang digelar pada hari Sabtu (5/3) malam. Terpilihnya Andi Amran ini disambut dengan ratusan papan bunga ucapan selamat yang berderet di depan kantor dan halaman AAS Building, yang terletak di jalan Urip Sumoharjo Makassar, sejak Senin (7/3).

Ucapan selamat berasal dari para kepala daerah, tokoh nasional, ketua umum partai, bahkan tokoh-tokoh yang diperhitungkan sebagai kontestan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 juga tidak ketinggalan memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Andi Amran menahkodai himpunan alumni universitas terbesar di kawasan Indonesia Timur ini.

Berita Terkait : Hormati Jasa Pahlawan, Sahabat Ganjar Banjarnegara Pugar Makam R. Natanegara

Ucapan selamat ini datang dari lima tokoh yang digadang-gadang bakal maju bertarung dalam Pilpres 2024. Di antaranya, Gubernur Jawa Tengah yang juga Ketua keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Ganjar Pranowo, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ucapan selamat juga datang dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sementara dari kalangan akademisi, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria juga mengirimkan karangan bunga ucapan selamat kepada Andi Amran.

Sebagaimana diketahui, Amran terpilih sebagai Ketum IKA Unhas dalam Musyawarah Besar IKA Unhas yang digelar dari 4-6 Maret 2022 lalu. Dalam pemilihan yang berlangsung di di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Sabtu (5/3) malam, Andi Amran mengantongi 82 suara, mengalahkan rivalnya Haedar A. Karim, Direktur Utama Nindya Karya, yang meraih 43 suara.

Pemilihan Ketua Umum IKA Unhas periode 2022 - 2026 ini hanya diikuti 2 calon. Jusuf Kalla ikut memberikan ucapan selamat kepada mantan bawahannya di Kabinet Kerja Jilid Pertama ini.

Berita Terkait : Ketua DPR Sebut IKN Wajah Kemajuan Indonesia Di Masa Depan

"Saya mengucapkan selamat saudara Amran dalam mubes yang melelahkan," kata JK.

Dia pun berpesan kepada penerusnya ini agar dalam kepengurusan nanti diisi orang orang yang punya dedikasi untuk organisasi. "Memilih pengurus yang berdedikasi, karena IKA Unhas bukan ormas biasa tetapi intelektual, cendikiawan. Berpikir untuk kemajuan," pesannya.

Selain itu, kepengurusan IKA Unhas sebisa mungkin memberikan membantu universitas sesuai kemampuan.  "Jalani sesuai kemampuan masing masing-masing. Bekerja dengan senang hati aja," imbaunya.

JK optimistis, dengan kemampuan yang dimiliki Amran, IKA Unhas bisa terus maju ke depan. Dia yakin Amran yang punya banyak pengalaman dalam kanah nasional mampu menggerakkan pengurusnya.

Berita Terkait : Bintang PSIS Pratama Arhan Hengkang Ke Tokyo Verdy, Ganjar Ucapkan Selamat

Ketua DPD Golkar Sulawesi Selatan yang juga Wali Kota Parepare, Taufan, mengucapkan selamat atas terpilihnya Andi Amran Sulaiman menjadi Ketua Umum IKA Unhas 2022-2026. Taufan juga memberi apresiasi serta ucapan terima kasih atas pengabdian kepada Jusuf Kalla, ketua IKA Unhas sebelumnya.

"Selamat dan sukses kepada Bapak Andi Amran Sulaiman atas amanahnya sebagai Ketua IKA Unhas dan terima kasih Puang Ucu bapak Jusuf Kalla atas pengabdiannya selama menjadi Ketua IKA Unhas. Semoga sehat dan berkah," tuturnya. [FAQ]