Dark/Light Mode

Warga Kota dan Budaya Klik

Kamis, 10 Maret 2022 11:05 WIB
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat

RM.id  Rakyat Merdeka - Mungkin ke depan kita akan menghadapi dunia yang didikte dengan sebuah ketukan jemari tangan pada gawai. Meski hanya satu ketuk, tapi tiba-tiba banyak orang sangat menginginkan dan mendambakannya.

Inilah dunia di mana rating akan menjadi alat ukur dalam semua ruang pergaulan dan merangking hubungan-hubungan. Dunia yang akhirnya menampilkan seluruh kepalsuannya dengan total.

Baca juga : Harga Jagung Rawan Melonjak

Betapa tidak. Seorang pelayan jasa transportasi misalnya, akan sangat mendambakan klik tersebut. Karena hal itu berkaitan dengan keberlangsungan dan keberlanjutan kehidupannya. Maka tidak akan mengherankan lagi jika kita, setelah mendapatkan pelayanan dari seseorang, ujungnya akan mendapatkan sapaan: “Tolong kasih bintang lima, ya”, katanya, dengan wajah yang sangat berharap.

Lalu apakah memang kita benar-benar mendapatkan pelayanan bintang lima, atau hanya karena wajah memelas yang ditampilkannya, akhirnya kita memberikan rating bintang lima.? Tentu hanya kita yang tahu.

Baca juga : Ogah Maju Tanpa Perahu PKS

Tidak mustahil, ke depan, tidak hanya pemberi jasa yang harus diberikan penilaian. Mereka yang kategori kelompok konsumen atau penerima jasa dari satu pelayanan tertentu pun akan mendapatkan rating dari pemberi jasanya.

Demikianlah dalam skala mikro, kekuasaan menjelma dalam berbagai lini kehidupan masyarakat. Dan sekecil apapun kekuasaan itu, ternyata bisa diagregasi dan kemudian akan memberikan dampak besar kepada seseorang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.