Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wakil Wali Kota Pekanbaru

Ogah Maju Tanpa Perahu PKS

Rabu, 2 Maret 2022 07:45 WIB
Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski diyakini berpeluang besar menjadi Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, menyikapi santai soal pencalonannya dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pekanbaru 2024. Wali Kota Pekanbaru dua periode ini menegaskan, menunggu restu Partai Keadialan Sejahtera (PKS) terkait kontestasi tersebut.

“Maju dalam Pilkada kan harus ada perahunya. Perahu saya, ya PKS. Kalau tidak dengan PKS, saya tidak akan maju,” tegas Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Pekanbaru, Riau, kemarin.

Baca juga : Malam Ini, PS Barito Putera Terancam Masuk Zona Degradasi

Menurutnya, keputusan menunggu restu PKS dalam Pilkada Kota Pekanbaru merupakan ‘harga mati’. Sebab, partai berlambang Bulan Sabit Kembar itu telah membesarkan dirinya, hingga terpilih menjadi Wakil Wali Kota Pekanbaru dua periode.

“Saya tidak akan menyeberang atau pindah ke partai politik lainnya, hanya demi mencalonkan diri sebagai Wali Kota Pekanbaru. Ini sudah komitmen saya,” tegas Ayat.

Baca juga : Kabar Baik Nih, Pemerintah Mau Belanja Produk UMKM

Namun begitu, ia memastikan maju sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru untuk mengamankan perolehan suara dan kursi PKS di kota tersebut.

“Saya fokus di Pemilu Legislatif (Pileg) dulu. Sebab, target raihan jumlah kursi di DPRD Kota Pekanbaru harus naik,” imbuhnya.

Baca juga : Kasus Suap Eks Wali Kota Banjar, KPK Panggil Ketua DPD PKB Dan PAN

Lebih lanjut, Ayat menceritakan tentang penunjukan dirinya sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Provinsi Riau. Posisi tersebut menargetkan dirinya menaikkan perolehan jumlah kursi di DPRD, setelah selasai menjalankan tugas sebagai Wakil Wali Kota Pekanbaru.

“Tahapan Pemilu, baik Pileg maupun Pilpres akan digelar di tanggal 14 Februari 2024. Sementara Pilkada serentak digelar Bulan November. Bagi semua partai politik termasuk PKS, momentum Pemilu akan menjadi fokus, karena hasil Pileg akan menjadi acuan untuk mengusung kadernya maju di Pilkada 2024,” tandasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.