Dark/Light Mode

Artis & Masyarakat Umum Boleh Ikut Kejuaraan Nembak Paspampres

Jumat, 11 Maret 2022 09:04 WIB
Ketua Panitia Lomba Menembak Piala Danpaspampres 2022 Kolonel Inf Rudi Setiawan saat Konferensi Pers Lomba Menembak Piala Komandan Paspampres (Danpaspampres). (Foto: Istimewa)
Ketua Panitia Lomba Menembak Piala Danpaspampres 2022 Kolonel Inf Rudi Setiawan saat Konferensi Pers Lomba Menembak Piala Komandan Paspampres (Danpaspampres). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat vakum empat tahun, akhirnya penyelenggaraan Lomba Menembak Piala Komandan Paspampres (Danpaspampres) kembali digelar. Pendaftaran dan perlombaan sudah berlangsung 10-13 Maret 2022 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat.

Asops Paspampres yang juga Ketua Panitia Lomba Menembak Piala Danpaspampres 2022 Kolonel Inf Rudi Setiawan memastikan kegiatan Danpaspampres 2022 seluruh lapisan masyarakat dipersilahkan ikut mendaftar. Acara terbuka bagi siapapun.

"Masyarakat yang ingin mendaftar silahkan. Tidak ada persyaratan khusus. Kalau suka menembak silahkan daftar," kata Rudi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (11/3).

Meski kegiatan ini digagas oleh Paspampres namun tidak menutup kemungkinan terbuka bagi semua kalangan. Termasuk unsur TNI dan Polri. Bahkan masyarakat umum boleh ikutan.

"Sudah lebih dari 500 orang yang mendaftar," ujar Rudi.

Baca juga : ACT Bergegas Berangkat Bantu Korban Gempa Pasaman Barat

Dia menegaskan, kegiatan ini tidak dipungut biaya sama sekali. Masyarakat yang tidak mendaftar tapi hanya ingin menonton juga dipersilahkan. "Yang mau sekadar menonton hadir saja tidak apa-apa," ucapnya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga akan dihadiri tokoh nasional. Lalu juga mengundang artis yang ingin menyalurkan minat menembak. Tak disebutkan siapa mereka namun Rudi menegaskan sudau menyiapkan kelasnya.

Kegiatan ini digelar dengan mengikuti protokol kesehatan (prokes). Maka yang ingin hadir disarankan membawa surat keterangan bebas Covid-19 dengan antigen. Di lokasi acara juga disiapkan swab antigen bagi pengunjung. Pengunjung diminta untuk memakai masker saat berada di lokasi acara.

Untuk jenis perlombaan dibagi menjadi tujuh kelas, yakni tembak eksekutif, tembak presisi 25 meter, tembak reaksi IPSC level II, kelas tembak reaksi non IPSC (pistol nonoptik), tembak air riffle dan air pistol, tembak Paspampres style, dan tembak ekshibisi (untuk kalangan artis).

Lebih jauh Kolonel Inf Rudi Setiawan  mengatakan, event ini digelar sebagai rangkaian Hari Bhakti Ke-76 Paspampres. Event ini juga untuk mengakomodir animo masyarakat.

Baca juga : Satgas Sebar Masker Dan Perkuat Duta Perubahan Perilaku

"Meningkatkan kemampuan menembak di lingkungan Paspampres, dan menyaring atlet menembak nasional dan membantu meningkatkan minat masyarakat maupun dalam olahraga menembak," ujar Rudi.

Khusus bagi TNI kegiatan inj diharapkan menjadi momentum untuk makin mematangkan keahlian menembak. Seperti diketahui, saat ini prajurit TNI sudah banyak yang berprestasi di kancah nasional dan internasional.

Sehingga, melalui lomba menembak itu maka para atlet tembak, khususnya dari satuan Paspampres semakin mahir dan melahirkan banyak prestasi gemilang.

Rudi melanjutkan, dirinya berharap kegiatan Lomba Menembak Piala Danpaspampres ini juga bisa membantu, bahkan masuk ke dalam agenda tahunan Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin).

"Jadi, setiap tahun bisa diagendakan secara rutin," ujarnya.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Malaysia Stop Umumkan Jumlah Kasus Harian

Wakil Bendahara Umum PB Perbakin Jarwo Susilo menyambut positif kegiatan ini. "Harapan kami lomba tembak Danpaspampres ini sebagai lomba tahunan," kata Jarwo.

Menurutnya latihan terbaik dari para atlet adalah dengan mengadakan pertandingan. Di bidang menembak tentu salah satunya melalui lomba Tembak Piala Danpaspampres 2022.

Selama ini, lanjut Jarwo, PB Perbakin secara rutin setiap bulan selalu mengadakan pertandingan. Hal tersebut dilakukan untuk terus mengasah kemampuan para petembak. Sehingga, apabila ada kejuaraan para atlet bisa tampil lebih siap.

Tidak hanya itu, jelas dia, PB Perbakin juga akan berupaya mengakomodir pertandingan berburu bisa dilaksanakan. Berbeda halnya dengan tembak reaksi dan kelas lainnya yang saat ini sudah cukup banyak diselenggarakan di Lapangan Tembak Perbakin Senayan. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.