Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BPIP-Lemhannas Perkokoh Nilai-nilai Pancasila

Sabtu, 12 Maret 2022 15:08 WIB
Kepala BPIP Yudian Wahyudi (kanan) bersama Gubernur Lemahannas Andi Widjajanto. (Foto: ist)
Kepala BPIP Yudian Wahyudi (kanan) bersama Gubernur Lemahannas Andi Widjajanto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) berkomitmen perkuat nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kedua lembaga ini juga  akan menggandeng MPR untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengatakan, komitmen tersebut merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Ia berharap program-program yang telah direncanakan itu kini dapat direalisasikan.

“Saya berharap MoU yang ditandatangani itu bisa segera dijalankan," kata Yudian, saat menyambut Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto di kantor BPIP, Jakarta, Jumat (11/3). 

Dalam kesempatan yang sama Wakil Kepala BPIP Hariyono menegaskan, yang paling penting dalam kerjasama itu adalah menyamakan persepsi tentang materi Ideologi Pancasila di Kementerian atau Lembaga Pemerintah. Sehingga tidak ada lagi versi-versi lain atau tafsir yang beragam apalagi yang bertentangan. 

Ia menyebut masyarakat dan lembaga negara melihat Pancasila harus menjadi falsafah Dasar Negara, Ideologi Negara yang dikeluarkan oleh lembaga negara yaitu sinergitas antara BPIP dan Lemhannas maupun MPR.

“Nah mudah mudahan dengan sinergitas ini posisi Pancasila sebagai falsafah bangsa tidak ada lagi tafsir-tafsir lain, Pancasila mulai lahir 1 juni dan dirumuskan oleh panitia 9," ujarnya.

Ia menilai Lemhannas memiliki peran strategis dalam mensosialisasikan tentang nilai-nilai Pancasila. Harapannya kedua lembaga juga bersinergi dalam pemahaman dan pengembangan wacana-wacana Pancasila dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Baca juga : Waka BPIP: Ponpes Mendorong Pemberdayaan Ekonomi Pancasila

Plt. Sekretaris Utama BPIP, Karjono mengatakan, selain menindaklanjuti MoU pada tahun 2019 dan arahan Unsur Pimpinan agar lebih bersinergi dengan Lemhanas yang juga memiliki tokoh-tokoh negarawan dan tokoh-tokoh bangsa yang akan memegang estapet kepemimpinan bangsa. 

"BPIP sangat berharap di sana memiliki semangat bela negara dan revolusi mental dan pembumian 4 pilar kebangsaan dan internalisasi Pancasila," ujarnya.

Di sisi lain, ia juga berharap sinergitas ini dapat meluruskan sejarah yang berkaitan dengan Pancasila yang sejati. Karena Lemhanas juga menjunjung tinggi Bhineka Tunggal  Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. Tan Hana Dharma Mangrwa artinya tigak ada kewajiban atau kebenaran yang mendua. 

Sementara itu, Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto mengakui Lemhannas dan BPIP perlu memperkuat sinergitas dalam pemahaman bersama tentang wawasan kebangsaan dengan dasar Ideololgi Pancasila.

Ia juga berharap ada keterlibatan dalam penyusunan materi-materi untuk Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi stakeholders baik masyarakat atau lembaga negara sehingga mendapatkan pemahaman bersama.

Ia juga berharap dalam penyampaian nilai-nilai Pancasila harus bertransformasi ke dalam dunia digital dengan berkembangnya teknologi. Hal itu untuk menyentuh generasi-generasi milenial sebagai generasi penerus bangsa.

“Contohnya adalah dengan membuat aplikasi-aplikasi seperti aplikasi ruang Pancasila, kita bisa mencoba kerjasama dengan ruang guru," paparnya. 

Baca juga : Bamsoet Ajak PP Terus Jaga Ideologi Pancasila

Ia juga berharap selain BPIP dan Lemhannas ada keterlibatan MPR untuk menyatukan pemahaman tentang Pancasila dan perkuat tentang 4 pilar kebangsaan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama Deputi Kebangsaan Lemhannas Prasetya Nugraha menjelaskan dalam kegiatannya telah memantapkan nilai-nilai kebangsaan ada tiga klaster di antaranya materi dasar, materi penunjang, dan materi utama.

"Dalam materi utama itu kita namakan 4 konsensus dasar, jadi beberapa kali kami masih menggunakan 4 pilar," jelasnya.

Selain itu menurutnya Pancasila selalu ada di materi utama dan mengikuti update dengan teori-teori dari Pemerintah yaitu Pancasila 1 Juni. "Kami juga selalu menggunakan narasumber dari BPIP untuk menyampaikan materi tersebut," jelasnya.

Dirlatmaitadik Debiddikpimkatnas Lemhannas Djoko Poerbohadijojo mengatakan hal yang sama perlu adanya kerjasama denhan MPR sebagai skala prioritas yang memiliki program 4 Pilar kebangsaan.

"Yah saya kira kita perlu segara kerjasama dengan MPR dan hadir langsung dalam kerjasama ini," ujarnya.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo mengapresiasi Lemhannas lantaran telah siap berkolaborasi dan bergotong royong dalam menyatukan pemahaman serta pembumian Pancasila.

Baca juga : Prabowo Dinilai Pantas Gantikan Presiden Jokowi

Ia juga mendorong program-program tersebut tidak menjadi konsep dan rencana melainkan segera direalisasikan dalam waktu dekat ini terutama kerja sama dengan MPR yang memiliki 4 Pilar Kebangsaan.   

“Kita juga mendorong ada konsensus etika dalam bermedia sosial dan survei mengenai aktualisasi nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Prakoso, Deputi Pendidikan dan Pelatihan BPIP Baby Siti Salamah, Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina, Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Humas dan Administrasi BPIP Sunoto Setyo.

Kemudian Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan BPIP Tonny Agung Arifianto, Kepala Biro Umum dan SDM BPIP Tri Purno Utomo, Direktur Penyusunan Rekomendasi Kebijakan dan Regulasi BPIP R. Dian Muhammad Johan Johor Mulyadi, Direktur Perencanaan Pendidikan dan Pelatihan BPIP Sadono Sriharjo, Direktur Idiopol Lemhannas Berlias Helmy, Kepala Biro Humas A. Yudi Hartono, Kepala Biro Kerma Lemhannas Purwadi. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.