Dark/Light Mode

Varian Baru Covid Bisa Saja Muncul Di Masa Transisi

Selasa, 15 Maret 2022 07:40 WIB
Ahli Epidemiologi Bayu Satria Wiratama. (Foto: YouTube)
Ahli Epidemiologi Bayu Satria Wiratama. (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, Pemerintah sudah menyusun road map yang berisi tahapan-tahapan dalam rangka normalisasi menuju endemi. Secara bertahap akan ada normalisasi.

“Ini pasti ada perubahan cara pandang dan perilaku. Harus disiapkan juga literasinya kepada masyarakat,” ucap Nadia.

Baca juga : Tak Covid, Jojo Bisa Main Di All England

Tapi diingatkannya, dalam proses menuju endemi ini bukan berarti kasus Covid-19 menjadi 0. Virus itu tetap ada. Masyarakat akan hidup berdampingan dengan Covid-19.

Jika suatu saat terjadi lonjakan kasus, maka sistem pelayanan kesehatan harus mampu mengatasinya. Jangan sampai kelimpungan.

Baca juga : 3 Jam Diguyur Hujan, Beberapa Jalan Di Kota Malang Tergenang

“Paling penting dalam fase endemi, adanya peningkatan kasus itu tidak membuat aktivitas kehidupan menjadi terganggu. Bahkan sampai terhenti total,” paparnya.

Kebijakan transisi dari pandemi menuju endemi akan diterapkan melihat perkembangan virus. Untuk saat ini, Indonesia masih dalam kondisi pandemi.

Baca juga : 5 Laga Sisa Bakal Menentukan Masa Depan Pemain Persija

Nadia mengungkapkan, langkah awal yang dilakukan dari tahapan tersebut adalah mengejar percepatan vaksinasi dosis kedua serta dosis penguat atau booster. Selain itu testing dan tracing ini tak kalah penting untuk deteksi dini.

“Sampai kesiapan pelayanan fasilitas kesehatan masyarakat harus kita siapkan juga,” tegasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.