Dark/Light Mode

Pemda Di 15 Provinsi Kudu Genjot Vaksinasi Lengkap

Yang Vaksin 2 Dosis Bisa Mudik Yang Booster Bebas Jalan-jalan

Kamis, 17 Maret 2022 06:20 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Penanganan COVID-19).
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Penanganan COVID-19).

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksinasi Covid-19 dosis kedua dan ketiga (booster) di 15 provinsi masih rendah. Tidak hanya itu, kasus Covid-19 mingguan di provinsi tersebut masih tinggi.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, laju vaksinasi Covid di tingkat nasional menurun, tidak menunjukkan percepatan pada Maret ini. Padahal, vaksinasi harus dipercepat, terutama di provinsi yang mengalami kenaikan kasus Covid.

Wiku juga menyebut 15 provinsi itu, yakni Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Lampung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Aceh, Sulawesi Utara, Papua Barat, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Papua dan Sulawesi Barat.

Baca juga : Yang Divaksin Aja Bisa Kena Covid, Apalagi Yang Belum!

“Cakupan vaksinasi dosis lengkap di 15 provinsi tersebut kurang dari 70 persen. Sementara, cakupan vaksinasi booster belum mencapai 30 persen,” ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual melalui YouTube BNPB.

Dia menekankan, kekebalan komunitas adalah salah satu kunci keberlangsungan aktivitas dan produktivitas, utamanya terkait ekonomi di masa pandemi.

Untuk itu, masyarakat dimohon segera melengkapi vaksin dan melakukan booster sebagai fondasi pertahanan kekebalan komunitas.

Baca juga : Gandeng Pemda, Kemenperin Genjot Vaksinasi Booster Buat IKM

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 15 Maret 2022, pukul 18.00 WIB, jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis kedua yaitu 152.043.931 orang, atau 73 persen dari total target sasaran vaksinasi.

Sementara, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 193.758.107 orang atau 93,03 persen.

Adapun jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster sebanyak 14.963.545 orang atau 7,18 persen.

Baca juga : Tinjau Vaksinasi Se-Indonesia, Kapolri Dorong Percepatan Target Dosis Dua dan Booster

Sementara, untuk mencapai kekebalan komunitas ditargetkan 208.265.720 orang tervaksin dosis lengkap.

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia baik dosis satu maupun dua, ditargetkan rampung April tahun ini. Sementara pemberian dosis ketiga atau booster juga ditargetkan rampung akhir tahun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.