Dark/Light Mode

Pemda Di 15 Provinsi Kudu Genjot Vaksinasi Lengkap

Yang Vaksin 2 Dosis Bisa Mudik Yang Booster Bebas Jalan-jalan

Kamis, 17 Maret 2022 06:20 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Penanganan COVID-19).
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Penanganan COVID-19).

 Sebelumnya 
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mencatat, baru 40 persen dari 514 kabupaten/ kota atau sekitar 206 daerah yang sudah memenuhi target capaian 70 persen vaksinasi dosis kedua di Indonesia.

Nadia mengatakan, lebih dari 350 juta dosis sudah diberikan untuk warga Indonesia hingga Senin lalu. Dengan demikian, Nadia mengaku pihaknya tengah menggenjot program vaksinasi dosis kedua dengan capaian rata-rata 750 ribu dosis per hari.

Selain itu, rendahnya capaian vaksinasi pada kelompok warga di atas 60 tahun juga masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi Kemenkes.

Baca juga : Yang Divaksin Aja Bisa Kena Covid, Apalagi Yang Belum!

Akun @Widyarenee_ mengatakan, dukungan masyarakat sangat diperlukan untuk provinsi yang jumlah vaksinasinya rendah.

“Usaha keras Pemerintah tanpa dukungan dan kebersediaan masyarakat untuk divaksin, akan menyulitkan mencapai target,” katanya.

“Pemerintah membuka kemungkinan melonggarkan aktivitas masyarakat di bulan Ramadan dan Idul Fitri. Syaratnya, capaian vaksinasi dosis lengkap dan booster semakin meningkat. Yuk, vaksin,” ajak @kaukutangkap_.

Baca juga : Gandeng Pemda, Kemenperin Genjot Vaksinasi Booster Buat IKM

Menurut @FirzaHusainID, ebaran tahun ini tetap boleh mudik bagi yang sudah vaksin lengkap. Bahkan, bagi yang sudah vaksin booster bebas melancong ke mana pun.

“Makanya, ayo cepat ikut vaksinasi bagi yang belum,” kata @FirzaHusainID. “Yuk, yang belum, segera vaksinasi Covid-19 dosis lengkap dan tetap menjaga protokol kesehatan,” timpal @Maira_616.

Akun @Nurahman_imann mendesak kepala daerah di 15 provinsi menggenjot vaksinasi agar kasus Covid-19 di Indonesia semakin melandai.

Baca juga : Tinjau Vaksinasi Se-Indonesia, Kapolri Dorong Percepatan Target Dosis Dua dan Booster

Akun @Sri_rahmani21 mengingatkan, vaksinasi lengkap sangat penting untuk membentuk kekebalan komunal atau herd immunity. Pandemi bisa jadi endemi jika semua elemen masyarakat selalu disiplin protokol kesehatan dan vaksin dosis lengkap. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.