Dark/Light Mode

Kepala BIN Yakin Akan Tercipta Keseimbangan Harga Dan Pasokan

Perlahan Tapi Pasti, Kisruh Minyak Goreng Segera Reda

Sabtu, 19 Maret 2022 06:50 WIB
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Istimewa)
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Kuncinya ada pada konsistensi pelaksanaan dan pengawasan tadi. Dengan hilangnya disparitas harga dalam dan luar negeri, produsen akan memilih mendistribusikan produknya di pasar lokal, sehingga volume yang memadai akan memastikan turunnya harga ke level wajar dan bisa diterima masyarakat. Kemudian, dengan HET bersubsidi, minyak curah yang terhitung murah akan turut menyeimbangkan pasokan dan memperbanyak pilihan bagi masyarakat,” papar mantan Wakapolri yang akrab disapa BG ini.

Secara simultan, menurut BG, kebijakan baru ini akan dilapis jaring pengaman sosial (social safety net), mengakomodir masyarakat yang tetap belum dapat menjangkau HET. Jaring pengaman sosial ini bisa berupa bansos, BLT, dan berbagai program pendukung lainnya.

Baca juga : Kapolri Minta Produsen Dan Pedagang Distribusikan Minyak Goreng Seperti Biasa

Di tempat terpisah, Ekonom Indef (Institute for Development of Economics and Finance), Eko Listiyanto mengatakan, HET Rp14.000 untuk migor curah akan mengatasi kesulitan akses masyarakat ekonomi kelas bawah yang terjadi selama ini di pasar tradisional. Namun, Eko mengingatkan, pemerintah harus benar-benar memastikan migor curah mengalir ke pasar tradisional; tidak dicegat oleh pemalsu yang mengubahnya menjadi migor kemasan untuk dijual dengan harga tinggi.

“Jika pengawasan jebol, kebocoran minyak tersubsidi ini terjadi lagi, misalnya dengan dipalsukan menjadi minyak kemasan atau diselundupkan ke luar, maka kelangkaan pasokan akan kembali terjadi, dan harga minyak goreng secara umum tidak akan bisa dikendalikan,” kata Eko.

Baca juga : Turun Langsung Ke Pasar, Kapolri Pastikan Stok Minyak Goreng Untuk Warga Aman

Sementara itu, untuk memastikan HET bersubsidi Rp14.000 per liter untuk minyak curah bisa segera dilaksanakan, BPDPKS telah menyiapkan alokasi dana Rp7,28 triliun. “Dananya telah kita siapkan, kami menunggu arahan seperti apa metodenya,” kata Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS Achmad Maulizal, kemarin. [RCH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.