Dark/Light Mode

Hari Ini Pimpin Sidang Parlemen Dunia

Puan Harum Di Dalam, Harum Di Luar

Minggu, 20 Maret 2022 06:30 WIB
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. (Foto: Runi/Man).
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. (Foto: Runi/Man).

 Sebelumnya 
“Selanjutnya bagaimana peran IPU dalam menutup kesenjangan laju proses pemulihan ekonomi antara negara maju dan negara berkembang, serta mengatasi masalah sosial akibat pandemi,” papar Puan.

Puan juga mengusulkan perlunya membahas tema partisipasi perempuan dan pemuda dalam proses pengambilan keputusan di lembaga-lembaga publik. Puan menyebut, hal ini penting untuk memastikan generasi mendatang diisi orang-orang muda yang hebat, terlepas apapun gendernya.

Baca juga : Pimpin Sidang IPU Di Bali, Puan Pompa Semangat Peran Perempuan

Dalam gelaran itu, Puan juga berjanji bakal menunjukkan, bahwa DPR RI berada di garda terdepan dalam memerangi pemanasan global.

Terakhir, Puan berharap acara IPU di Bali itu bisa memompa semangat kaum hawa untuk terus berupaya memaksimalkan peran perempuan di mata dunia. “Semua sesi pertemuan IPU akan dipimpin oleh seorang perempuan. Tidak semua bisa mendapat kesempatan ini,” tegasnya.

Baca juga : Pengamat: Puan Harus Tunjukkan Kualitas Sebagai Cucu Soekarno

Peduli Iklim

Sementara itu, sehari jelang pembukaan IPU ke-44, Puan bersama Presiden IPU Duarte Pacheco dan Sekjen IPU Martin Chungong hari ini menanam pohon kelengkeng (Dimocarpus longan) di halaman BICC Nusa Dua, Bali. Penanaman pohon itu merupakan wujud komitmen IPU terhadap penanggulangan dampak perubahan iklim sesuai dengan tema IPU ke-144, yaitu ‘Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change’.

Baca juga : Hari Ini, Piala Pertiwi Kembali Bergulir

Dalam acara tersebut, Duarte Pacheco menerangkan pohon kelengkeng yang ditanam bersama Puan merupakan perwujudan dari nilai-nilai yang diyakini seluruh delegasi IPU. “Kami menanam pohon ini mencerminkan nilai-nilai yang menjadi dasar terselenggaranya sidang ini,” imbuh Pacheco.

Selama penyelenggaraan IPU, dijelaskannya, maka setiap delegasi akan menanam satu pohon di Bali. “Setiap orang akan tahu kami pernah menginjakkan kaki di Bali, dan itu akan menjadi pengingat ketika kami kembali berkunjung ke pulau ini,” pungkasnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.