Dark/Light Mode

Hari Ini Pimpin Sidang Parlemen Dunia

Puan Harum Di Dalam, Harum Di Luar

Minggu, 20 Maret 2022 06:30 WIB
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. (Foto: Runi/Man).
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. (Foto: Runi/Man).

 Sebelumnya 
Martin menuturkan, saat ini hanya 22 persen anggota parlemen diisi oleh politisi perempuan. “Sehingga, keberadaan Puan, akan menjadi role model dalam meningkatkan keseteraan dan keseimbangan gender di parlemen dunia,” tegas Martin.

Martin pun mengungkapkan pentingnya peran perempuan dalam pembangunan dunia, termasuk lewat parlemen. “Semoga jumlah perempuan di parlemen Indonesia terus meningkat,” harapnya.

Baca juga : Pimpin Sidang IPU Di Bali, Puan Pompa Semangat Peran Perempuan

Anggota Badan Kerjasama Antar- Parlemen (BKSAP), Gilang Dhiela Fararez yang ada di lokasi membenarkan, Puan mendapat perhatian positif dari wakil parlemen dunia yang hadir. Apalagi, tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah dan pemimpin parlemennya adalah seorang perempuan.

“Tentunya Bu Puan jadi perhatian. Karena biar bagaimanapun Bu Puan pemimpin di acara ini. Mereka ketemu Bu Puan di sini merupakan suatu kebanggaan,” ungkap Gilang.

Baca juga : Pengamat: Puan Harus Tunjukkan Kualitas Sebagai Cucu Soekarno

Sementara itu, Puan merasa tersanjung karena Indonesia diberikan kesempatan menjadi tuan rumah hajatan akbar tahunan itu. “Ini membuktikan Indonesia adalah negara yang dipercaya oleh dunia internasional karena dianggap mampu dan aman serta nyaman dalam menyelenggarakan IPU ke-144,” ujarnya.

Sebagai tuan rumah, ia menyampaikan, pihaknya melihat momentum untuk memperkuat kerjasama internasional. “Indonesia sebagai negara presidensi dengan bangga membuka pintu bagi kurang lebih 115 negara partisipan IPU ke-144,” tambah dia.

Baca juga : Hari Ini, Piala Pertiwi Kembali Bergulir

Parlemen Indonesia akan mengambil peran kepemimpinan memobilisasi aksi parlemen di dunia. Puan juga mengusulkan agar IPU ke-144 turut membahas isu-isu yang tengah menjadi tantangan bersama. Di antaranya, masalah keamanan dan perdamaian dunia, menyusul konflik Rusia dengan Ukraina.

Selain itu, isu penting lain yang diusulkan dibahas, mengenai percepatan mengakhiri pandemi Covid-19 lewat kesetaraan vaksin di seluruh negara. Puan juga menekankan pentingnya penguatan demokrasi dan penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM) yang dihadapkan pada berbagai tantangan selama pandemi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.