Dark/Light Mode

Panas-Dingin Di Lintasan Mandalika

Oliveira Juaranya, Mbak Rara Bintangnya

Senin, 21 Maret 2022 06:45 WIB
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (kiri) yang bukan unggulan tapi bisa menyabet juara 1. Satunya lagi, pawang hujan Rara Isti Wulandari atau Mbak Rara (kanan) yang sibuk menghentikan hujan yang turun deras di lintasan. (Foto: ANTARA).
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (kiri) yang bukan unggulan tapi bisa menyabet juara 1. Satunya lagi, pawang hujan Rara Isti Wulandari atau Mbak Rara (kanan) yang sibuk menghentikan hujan yang turun deras di lintasan. (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
Cuaca mendung ini bikin penonton ikutan cemas. Apa yang dikhawatirkan semua orang, akhirnya terjadi. Hujan turun. Awalnya hanya gerimis. Namun, lama-lama hujan menjadi deras, malah menjadi hujan badai yang disertai petir. Hujan membuat sirkuit tidak memungkinkan untuk dijajal.

Panitia akhirnya memutuskan menunda balapan sampai batas tak tentu. Keputusan tersebut membuat penonton menghela nafas panjang.

Saat penonton mulai putus asa, tiba-tiba saja di dalam lintasan di depan paddock, muncul Raden Rara Istiati Wulandari, sang pawang hujan. Mengenakan kaus hitam dan topi proyek warna putih, Rara beraksi mengusir hujan. Tangan kirinya memegang mangkuk dari kuningan sambil mengapit dupa. Tangan kanannya memegang lingga berukuran kecil. Ia beraksi dengan memutarkan lingga, lalu diarahkan ke langit. Mulutnya tak henti komat-kamit merapal mantra.

Baca juga : Tak Kuat Panasnya, Suka Keindahannya

Aksi Rara ini membuat penonton yang ada di tribun kembali bersemangat. Mereka bertepuk tangan, meneriakkan yel-yel sambil melompat-lompat memberikan semangat. Meski ada juga penonton yang meledeknya. Respons dari penonton itu tak bikin Rara menghentikan aksinya. Ia terus melakukan ritual mengusir hujan.

Aksi Rara ini juga menjadi tontonan para pembalap dan kru tim yang sedang menunggu di dalam paddock. Jokowi dan Dorna ikut menonton aksi Rara. Air muka keduanya terlihat harap-harap cemas.

Beruntung, hujan tak lama. Sekitar pukul 4 sore, hujan mulai mereda. Panitia akhirnya memutuskan melanjutkan balapan. Penonton pun kembali berteriak menggila.

Baca juga : Bamsoet: Kemah Di IKN Sangat Berkesan, Ditemani Sinar Bulan Dan Jutaan Bintang

Aksi Rara di dalam arena ini jadi perbincangan hangat warganet. Bahkan akun resmi MotoGP ikut membagikan video saat Rara beraksi. “The Master..,” cuit, @motogp. Netizen langsung heboh. Termasuk netizen asing.

Menteri BUMN Erick Thohir ikutan membagikan foto saat Rara beraksi kepada followernya di Instagram. “Ini dia aksi pawang hujan MotoGP Mandalika, Bu Rara. Kearifan lokal, bangga Indonesia,” tulis Erick Thohir. Penikutnya ramai memberikan tanda suka dan komentar.

Marquez Gagal Tanding, Oliveira Juara

Baca juga : Pengaspalan Ulang Di Sirkuit Mandalika Rampung Lebih Cepat Dari Target

Di dalam sirkuit, balapan tak kalah menegangkan. Sayang, di seri ini Marc Marquez tak ikut balapan. Juara dunia MotoGP 6 kali itu, mengalami cidera di kepala setelah mengalami kecelakaan saat menjalani pemanasan kemarin pagi.

Namun, tidak bagi pendukung Miguel Oliveira. Di seri ini, Oliveira yang start di posisi tiga, berhasil memenangkan balapan, disusul Fabio Quartararo di podium kedua. Sementara, Johann Zaro finis di posisi ketiga. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.