Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia Raya Berkumandang Sebelum Balapan

Jokowi Senang Rakyat Bangga

Senin, 21 Maret 2022 06:35 WIB
Di sela menunggu balapan MotoGP dimulai, kemarin, Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir berbincang-bincang dengan serius dan santai. (Foto: Istimewa).
Di sela menunggu balapan MotoGP dimulai, kemarin, Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir berbincang-bincang dengan serius dan santai. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi tak bisa menutupi kegembiraan atas suksesnya gelaran MotoGP Mandalika, kemarin. Penantian panjang selama 25 tahun ini, terbayar lunas. Berbagai pujian dan terima kasih datang dari dalam dan luar negeri. Ditambah lagi, Indonesia Raya sempat berkumandang sebelum balapan dimulai.

Hujan deras yang turun di lokasi balapan, memang membuat acara sempat terganggu. Agenda balapan harus molor, karena hujan tak kunjung reda. Puluhan ribu penonton yang ada di lokasi, ikutan cemas. Termasuk Jokowi dan sejumlah pejabat yang hadir.

Terlihat, Jokowi turun ke paddock untuk bertemu dengan panitia penyelenggara. Kepala Negara kemudian bertanya kepada Chief Executive Officer Dorna Sport, Camelo Ezpeleta.

Baca juga : Relawan Sapu Lidi Surabaya Raya Serukan Satu Komando Kawal Kebijakan Jokowi

“Saya ingin tahu, apa yang biasa dilakukan kalau turun hujan begini?” tanya Jokowi.

Dari penjelasan itu, Jokowi akhirnya memutuskan, balapan MotoGP tetap dilanjutkan. Balapan diputuskan pukul 16.15 WITA. Meskipun masih diguyur hujan, persiapan segera dilakukan.

Rombongan Marching Band dari TNI AD, berjalan ke landasan sirkuit. Mereka langsung mengatur formasi, membentuk dua barisan. Satu orang berdiri di depan, bertindak sebagai dirigen.

Baca juga : Ketua KPU Sempat Curiga Ke Mahfud

Empat orang: 3 perempuan dan 1 pria, ikut bergabung dengan membentuk barisan di depan grup Marching Band. Memakai pakaian adat khas Nusa Tenggara Barat dan Bali, keempat orang ini menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diiringi musik dari Marching Band.

Jokowi bersama seluruh pejabat yang hadir, termasuk panitia penyelenggara langsung berdiri. Begitupun ribuan penonton yang ada di tribun, juga ikutan berdiri. Semua ikut menyanyikan Indonesia Raya. Semua merinding.

Anehnya, hujan yang turun mendadak berhenti, ketika Indonesia Raya selesai dinyanyikan. Tentu saja, ini membuat semua orang senang. Tepuk tangan dan teriakan menggema dari tribun penonton.

Baca juga : KPK Perpanjang Penahanan Bupati Langkat Cs

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno ikut membagikan momen unik tersebut di akun Instagram miliknya. Sandi menganggap, keputusan Jokowi untuk tetap melanjutkan balapan sangat tepat.

“Itu seperti magic ya. Alhamdulillah. Setelah lagu Indonesia Raya dikumandangkan hujan mulai mereda dan akhirnya race bisa dimulai,” ucap Sandi seperti dikutip dari live Instagram @ kemenparekraf.ri, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.