Dark/Light Mode

Indonesia Raya Berkumandang Sebelum Balapan

Jokowi Senang Rakyat Bangga

Senin, 21 Maret 2022 06:35 WIB
Di sela menunggu balapan MotoGP dimulai, kemarin, Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir berbincang-bincang dengan serius dan santai. (Foto: Istimewa).
Di sela menunggu balapan MotoGP dimulai, kemarin, Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir berbincang-bincang dengan serius dan santai. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Tak hanya Sandi, rakyat Indonesia juga meluapkan kebanggaannya. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan pada event olah raga internasional. Kebanggaan itu ditumpahkan lewat berbagai video yang beredar di media sosial. Video berisi suasana penonton saat menyanyikan Indonesia Raya jelang balapan MotoGP Mandalika.

“Indonesia Raya berkumandang = auto likes,” cuit @nanovond. “Merinding,” aku @timbergling99. Buanggaa polll wess,” kata @dowfly3432. “Mandalika race iconic,” cetus @rikidarmadi1. “Bangganya lihat Indonesiaku. Terutama Lombok, tempat berlangsungnya ajang internasional ini,” sahut @PropertyBali3.

Bukan hanya rakyat Indonesia yang bangga. Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo yang kemarin memenangi balapan juga tak kalah senangnya. Ia mengapresiasi antusiasme para fans MotoGP asal Indonesia di tribun Sirkuit Mandalika.

Baca juga : Relawan Sapu Lidi Surabaya Raya Serukan Satu Komando Kawal Kebijakan Jokowi

Terlebih, hujan terus mengguyur Lombok, sampai balapan mesti ditunda. “Terima kasih para fans Indonesia yang sudah bersabar menunggu di sini. Saya sangat senang dengan hasil ini,” kata pembalap dengan julukan El Diablo ini.

Sirkuit Mandalika Dikontrak 10 Tahun

Setelah gelaran MotoGP selesai, banyak pihak yang bertanya tentang nasib Pertamina Mandalika International Street Circuit ke depan. Ada yang khawatir, usai gelaran MotoGP selesai, sirkuit yang dipuji akan kemegehan dan keindahannya itu, bakal terbengkalai.

Baca juga : Ketua KPU Sempat Curiga Ke Mahfud

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menegaskan, sirkuit tersebut siap untuk digunakan dalam event rutin. Ia yakin, sirkuit dengan 17 tikungan itu, tidak akan terbengkalai.

Untuk diketahui. Balapan MotoGP Mandalika akan menjadi agenda rutin tahunan setelah pelaksana MotoGP di Indonesia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mendapat kontrak 10 tahun dari Dorna Sports, selaku promotor MotoGP.

“Di kalendernya pasti akan ada setiap tahun, ini yang saya tidak terlalu khawatir khusus untuk sirkuit Mandalika karena hampir pasti setiap tahun pasti ada,” kata politisi PKB itu.

Baca juga : KPK Perpanjang Penahanan Bupati Langkat Cs

Ia menjamin, Indonesia akan kebagian giliran tuan rumah MotoGP di event selanjutnya. Tinggal kerja sama yang efektif oleh pihak penyelenggara dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sirkuit itu pun juga bisa digunakan untuk balap nasional sambil menunggu giliran MotoGP.

“Ada kekhawatiran yang sama, tapi yang pasti kita udah kontrak 10 tahun, ini berbeda kalau kita bangun infrastruktur misalnya untuk PON, siklusnya panjang,” pungkasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.