Dark/Light Mode

Konversi Motor Bensin Ke Listrik

Menteri ESDM: Bisa Hemat BBM 240 Juta Liter Per Hari

Kamis, 24 Maret 2022 06:30 WIB
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (depan, tengah) didampingi Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo (kanan) dan keluarga besar PLN, mengikuti parade motor konversi Bahan Bakar Minyak (BBM ) ke listrik di Yogyakarta, kemarin. (Dok. Humas PLN)
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif (depan, tengah) didampingi Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo (kanan) dan keluarga besar PLN, mengikuti parade motor konversi Bahan Bakar Minyak (BBM ) ke listrik di Yogyakarta, kemarin. (Dok. Humas PLN)

 Sebelumnya 
Sidang ETWG akan berlang­sung Kamis (24/3) hingga Jumat (25/3). Sidang ETWG akan di­hadiri oleh delegasi dari 20 negara anggota G20, 10 negara undangan, dan 8 organisasi internasional se­cara langsung maupun virtual.

Hari ini, para delegasi yang akan mengikuti jalannya sidang secara langsung, dijadwalkan tiba di Yogyakarta. Para delegasi bakal dijemput dan disediakan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi selama acara berlangsung.

Baca juga : Di Konvensi Minamata, Menteri Siti Ajak Dunia Basmi Merkuri Ilegal

Paralel dengan jalannya sidang ETWG hari pertama, diselenggarakan pula 3rd Palm Biodiesel Conference dan Penandatanganan Power Purchase Agreement (PPA) Pembangkit Energi Baru dan Terbarukan (EBT) PT PLN (Persero).

“Bapak Menteri dijadwalkan membuka sidang ETWG dan hadir pada side events. Kemudian berbi­cara pada konferensi pers terkait sidang ETWG,” ujar Agung.

Baca juga : Menteri ESDM Pimpin Parade Motor Konversi BBM Ke Listrik

Pada hari ketiga, seiring dengan berjalannya sidang ETWG hari kedua, Kementerian ESDM juga akan menyelenggarakan Energy Transitions Youth Fo­rum, yang akan dihadiri oleh perwakilan anak muda dari negara-negara anggota G20.

“Pada Energy Transitions Youth Forum akan dilakukan soft launching Energy Transitions Innova­tion Challenge serta dukungan untuk Program Go-Gerilya feat Desa Berdikari Energi Pertamina dan Program Inovasi SuperSUN PLN,” terang Agung.

Baca juga : Peternak Ayam Milenial Di Sulsel Bisa Hemat Puluhan Juta Rupiah

Seperti diketahui, Forum Tran­sisi Energi G20 tahun ini terdiri dari rangkaian pertemuan. Mulai dari Energy Transitions Working Group (ETWG) 1 di Yogyakarta. Selanjutnya, ETWG 2 di Labuan Bajo, dan ETWG 3 di Bali, serta Energy Transition Ministerial Meeting (ETMM).

Puncak Presidensi G20 Indo­nesia adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada September 2022. [NOV/FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.