Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KSP Minta Kebijakan Bebas Karantina Bagi PPLN Tak Disalahgunakan

Jumat, 25 Maret 2022 08:14 WIB
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo (Kiri) memantau pelaksanaan kebijakan bebas karantina bagi PPLN, di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten, Jum’at (25/3).  (Foto: KSP)
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo (Kiri) memantau pelaksanaan kebijakan bebas karantina bagi PPLN, di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten, Jum’at (25/3). (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Kantor Staf Presiden (KSP) turun langsung melakukan pengecekan di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten untuk memastikan pelaksanaan kebijakan tanpa karantina bagi  Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), berjalan dengan baik.

Seperti diketahui, pada Rabu (23/3), Presiden Jokowi mengumumkan, PPLN yang tiba melalui bandar udara di seluruh Indonesia, tak perlu lagi menjalani karantina.

“Hari ini, KSP melihat langsung seluruh proses kedatangan PPLN di Bandara Soekarno-Hatta. Mulai dari turun pesawat, cek vaksin, test PCR, sampai PPLN keluar bandara. Semua berjalan dengan lancar,” kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo, Jumat (25/3).

Baca juga : Pengamat Kebijakan Publik: Jangan Takut Naikkan Harga Pertamax

Abraham yang didampingi beberapa Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden lainnya menyebut, masih ada satu proses yang perlu dicarikan solusi. Agar kebijakan bebas karantina bagi PPLN, bisa berjalan lebih maksimal. Yakni, proses pembayaran untuk tes Covid-19.

Sebab, dari hasil pengamatannya, tidak semua PPLN terutama Warga Negara Asing (WNA).sudah siap dengan mata uang rupiah. Sehingga, mereka harus lebih dulu menukarkan ke money changer.

"Jika banyak WNA yang tidak punya uang rupiah untuk bayar tes PCR, dikhawatirkan akan terjadi penumpukan. Ini yang harus dicari cara, supaya bisa lebih cepat lagi alurnya,” ucap Abraham.

Baca juga : Kapolri Minta Forkopimda Dan FKUB Siapkan Strategi Vaksinasi Di Bulan Ramadan

Dia mengaku optimistis, kebijakan bebas karantina bagi PPLN di seluruh Indonesia, dapat mendongkrak tingkat kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta menjadi 3-4 kali lipat pada saat Lebaran.

“Saya yakin, warga kita dari luar negeri yang ingin mudik Lebaran tahun ini akan naik. Karena itu, KSP minta agar Satgas menambah kapasitas pelayanan dan melakukan rekayasa alur antrian. Agar tidak terjadi penumpukan,” tandas Abraham.

Ia pun mengimbau PPLN untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dan testing Covid-19.

Baca juga : Bali Hidup Lagi, Turis Minta Daerah Lain Bebas Karantina

Terlebih, Satgas bersama TNI, Polri, Imigrasi, Kemenkes, dan petugas bandara sudah bekerja maksimal untuk melayani kedatangan warga, yang diperkirakan akan meningkat jumlahnya.

“Kebijakan bapak Presiden berupa kelonggaran-kelonggaran seperti ini (bebas karantina bagi PPLN) jangan disalahgunakan, dengan mengabaikan prokes dan testing. Kita harus menghargai kinerja petugas, yang terus memastikan protokol terlaksana demi keselamatan kita semua,” pungkas Abraham. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.